Liga Indonesia

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 PSM Makassar vs Bhayangkara FC: Tuan Rumah Putus Tren Negatif

Sabtu, 13 Juli 2019 17:27 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© liga1match
Selebrasi Marc Klok usai berhasil membobol gawang Bhayangkara FC Copyright: © liga1match
Selebrasi Marc Klok usai berhasil membobol gawang Bhayangkara FC

INDOSPORT.COM - PSM Makassar sukses mengalahkan Bhayangkara FC 2-1 untuk mengamankan tiga poin penuh di pekan ke-8 Liga 1 2019, Sabtu (13/07/19).

Bermain di hadapan publik Stadion Andi Mattalata, Mattoangin, PSM Makassar mendominasi sejak menit awal. Kendati demikian, tempo pertandingan masih berlangsung tak terlalu cepat.

Asik menyerang, PSM Makassar justru dikejutkan oleh tim tamu yang berhasil unggul terlebih dahulu di menit ke-11.

Mendapatkan tendangan bebas dari sisi kanan, umpan Flavio Beck dengan cerdik dimanfaatkan Anderson Salles dengan tandukan, bola yang meluncur ke gawang pun tak dapat diamankan dengan baik oleh Hilmansyah. 1-0 Bhayangkara unggul.

Setelah tertinggal, PSM Makassar kembali mencoba peruntungan. Namun, mengandalkan kreativitas Wiljan Pluim, serangan Tim Juku Eja tak ada yang mampu benar-benar membahayakan gawang Bhayangkara FC.

Yang bisa dinilai paling berbahaya hanya tendangan Pluim di menit ke-41, yang sayangnya juga masih mudah dibaca Awan Setho untuk mementahkannya dengan tinjuan.

Namun, saat babak pertama seakan akan berakhir dengan keunggulan Bhayangkara FC, wasit menghadiahi penalti ke PSM Makassar setelah Jajang menjatuhkan Ferdinand Sinaga.

Marc Klok yang maju sebagai eksekutor, tanpa cela mampu menaklukan Awan Setho. Skor berubah, PSM Makassar 1-1 Bhayangkara FC menghiasi papan skor saat turun minum.

Babak Kedua

Di babak kedua pelatih Darije Kalezic tampak menginginkan anak asuhnya lebih menyerang. Terbukti dengan dimasukannya Zulham Zamrun menggantikan Rasyid Bakri usai turun minum.

Hasilnya memang terbukti di mana serangan PSM Makassar semakin tajam. Selain lewat aksi Pluim, sisi sayap Tim Juku Eja juga terlihat semakin hidup di awal babak kedua.

Lewat sisi sayap juga akhirnya PSM Makassar bisa berbalik unggul. Umpan yang dilepaskan dari sisi sayap kiri membuat bek Bhayangkara Anderson Salles dan kiper Awan Setho melakukan blunder. 

Bola yang bergerak liar pun dimanfaatkan Ferdinand Sinaga dengan tendangan keras. PSM Makassar 2-1 Bhayangkara FC.

Balik tertinggal, Bhayangkara FC langsung terlihat berambisi menyamakan skor. Supersub mereka, Herman Dzumafo, pun dimasukkan pada menit ke-67 mengantikan Nur Iskandar.

Setelah itu, permainan memang kembali bisa dikuasai Bhayangkara FC. Peluang pun sempat beberapa kali mereka ciptakan. Seperti salah satunya lewat tendangan bebas Anderson Salles, yang sayangnya masih bisa ditepis Hilmansyah di menit ke-73.

PSM Makassar sendiri juga sesekali mampu tetap membahayakan, lewat skema serangan balik cepat yang diinisiasi Ferdinand Sinaga dan M. Rahmat.

Namun, meski ada beberapa peluang, gol tak lagi bertambah. PSM Makassar pun mampu mengakhiri pekan ke-8 Liga 1 2019 dengan kemenangan tipis 2-1 atas Bhayangkara FC.

Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3); Hilamsyah; Asnawi Mangkualam, Abdul Rahman, Aaron Evans, Taufik Hidayat; Rasyid Bakri, marc Klok, Rizky Pellu; Wiljan Pluim, Ferdinand Sinaga, Rahmat Syamsuddin.

Bhayangkara FC (4-3-3): Awan Setho; Putu Gede, Anderson Salles, Jajang Mulyana, Rochman; Flavio Beck, lee Yujun, Adam Alis; Dendy Sulistyawan, Ramiro Fergonzi, Nur Iskandar