Bola Internasional

Negara Ini Berpeluang Gantikan Thailand Jadi Tuan Rumah Piala Asia U-23, Indonesia?

Senin, 15 Juli 2019 08:24 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Isman Fadil
© Fox Sports Asia
Trofi Piala Asia U-23 2020 Copyright: © Fox Sports Asia
Trofi Piala Asia U-23 2020

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) sedang ketar-ketir, lantaran empat stadion yang dipersiapankan untuk Piala Asia U-23 2020 tidak kunjung rampung. AFC pun dikabarkan mulai melirik negara pengganti.

Thailand telah ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Asia U-23 2020. FAT pun telah menyiapkan empat stadion yang bakal digunakan, di antaranya adalah 700th Anniversary (Chiang Mai), Stadion Universiti Thammasat (Rangsit), Stadion Nasional Rajamangala (Bangkok), dan Stadion Tinsulanonda (Songkhla).

Namun, empat stadion yang sedang direnovasi itu tak kunjung rampung. Padahal, pihak AFC bakal melakukan peninjauan persiapan Thailand pada Oktober 2019.

Presiden FAT, Somyot Poompunmuang, merasa prihatin dengan leletnya persiapan. Ia meminta persiapan stadion segera diselesaikan agar mereka tidak sampai kehilangan status tuan rumah.

"AFC belum menandatangani perjanjian dengan Thailand untuk menjadi tuan rumah turnamen. Tim inspeksi akan dikirim dan mereka bisa mengeluarkan kata putus," kata Somyot Poompunmuang, dikutip dari Fox Sports Asia.

"Semua pihak perlu mempercepat pekerjaan proses perbaikan stadion yang akan digunakan. Satu kerugian besar bila kami tidak bisa menjadi tuan rumah Piala Asia U-23 tahun depan karena bisa memupus kesempatan lolos ke Olimpiade 2020," tegasnya.

Namun, menurut media Vietnam, Bongda24h, AFC diam-diam juga mulai memikirkan opsi lain jika Thailand tidak sanggup menjadi tuan rumah Piala Asia U-23 2020. Pilihan AFC akan jatuh kepada Malaysia.

"Jika empat stadion di Thailand tidak dapat menyelesaikan perbaikan sesuai hingga Oktober, AFC akan mempertimbangkan perampasan hak untuk menjadi tuan rumah Piala Asia U-23 2020," tulis Bongda24h.vn.

"AFC juga mempertimbangkan opsi untuk memilih negara tuan rumah lain, yang kemungkinan akan bertetangga dengan Thailand, yaitu Malaysia," imbuhnya.

Jika itu terjadi, tentu menjadi kerugian tersendiri bagi Thailand karena skuat U-23 mereka tidak akan bisa tampil di putaran final Piala Asia U-23 2020. Sebab, Supachok Sarachat cs kalah bersaing dengan Vietnam saat kualifikasi di Grup K.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
20%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
20%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
20%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
40%