Bola Internasional

4 Fakta Unik Gothia Cup: Egy Pemain Terbaik, Indonesia Juara Hingga Jadi Penghasil Bintang Top Dunia

Selasa, 16 Juli 2019 15:32 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© VBR Star Soccer Club
Logo Gothia Cup, turnamen sepak bola level junior yang pernah dijuarai wakil Indonesia. Copyright: © VBR Star Soccer Club
Logo Gothia Cup, turnamen sepak bola level junior yang pernah dijuarai wakil Indonesia.

INDOSPORT.COM - Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkumkan beberapa fakta menarik dari turnamen sepak bola level junior , Gothia Cup.

Turnamen sepak bola junior yang mempertemukan berbagai tim dari banyak negara, Gothia Cup 2019 sudah mulai bergulir sejak Minggu (14/07/19) dan akan berakhir Sabtu (20/07/19).

Indonesia sendiri tahun ini kembali mengirmkan wakilnya Tim LKG-SKF untuk berpartisipasi, seperti halnya tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai salah satu turnamen level junior bergengsi yang ada di dunia, gelaran Gothia Cup sudah digelara sejak tahun 1975 dan diinisiasi oleh klub lokal Swedia BK Hacken.

Sudah berlangsung puluhan tahun, tak mengherankan jika kemudian Gothia Cup mampu menghadirkan banyak fakta menarik yang layak untuk dicermati. Sepertihalnya beberapa fakta yang berhubungan dengan keikutsertaan tim Indonesia.

Apa saja faktanya, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT rangkumkan.

Indonesia Juara

© instagram.com/nahrawi_imam
Pelajar U-16 Kemenpora juara Gothia Cup 2016 Copyright: instagram.com/nahrawi_imamPelajar U-16 Kemenpora juara Gothia Cup 2016

Sejak beberapa tahun kebelakang, Indonesia selalu rutin mengirimkan wakilnya ke ajang Gothia Cup. Bukan hanya sekadar berpartisipasi, Indonesia juga mampu mencatatkan prestasi gemilang menjadi juara. Yakni pada turnamen Gothia Cup tahun 2016.

Saat itu Indonesia berhasil meraih juara lewat tim ASIOP Apacinti di Gothia Cup kategori U-15. Kemenangan terjadi setelah mengalahkan wakil tuan rumah, IF Elfsborg, dengan skor 3-1 di Gamla Ullevi, Swedia, Sabtu (23/07/16).

Egy Pemain Terbaik

Bukan hanya juara, prestasi Indonesia di Gothia Cup 2016 juga disempurnakan dua gelar individu yang berhasil didapat penyerangnya kala itu Egy Maulana Vikri.

Egy yang sebenarnya merupakan pemain PPLP Ragunan, saat itu dipinjamkan ke tim ASIOP Apacinti khusus untuk Gothia CUp 2016.

Haasilnya tak sia-sia, gelar individu sebagai pemain terbaik dan top skor dengan 28 gol di level umur U-15 berhasil digondol pemain sepak bola yang kini bermain di Lechia Gdansk itu.

Andrea Pirlo, Xabi Alonso hingga Zlatan Ibrahimovic

Kualitas Gothia Cup sebagai turnamen level junior juga terbukti dari banyaknya pemain-pemain jebolannya yang kemudian berkembang menjadi bintang sepak bola sukses di kancah internasional.

Mulai dari legenda legenda Inggris Alan Shearer yang bermain bersama Wellington Junior, legenda Italia Andrea Pirlo bersama US Voluntas, hingga legenda sepak bola Swedia sendiri Zlatan Ibrahimovic pernah merasakan bermain di Gothia Cup dalam tahun yang berbeda.

Berikut beberapa nama bintang sepak bola dunia yang pernah bermain di Gothia Cup saat masih di level junior:

  • Julio Baptista 
  • Ze Roberto 
  •  Alan Shearer 
  • Xabi Alonso 
  • Andrea Pirlo 
  • Cristian Zaccardo 
  • Emmanuel Adebayor 
  • Kim Kallstrom 
  • Zlatan Ibrahimovic

Pemain Berdarah Indonesia di Tim Brasil

© Dok. Pribadi
Welberlieskott de Halim Jardim di Sao Paulo. Copyright: Dok. PribadiWelberlieskott de Halim Jardim di Sao Paulo.

Fakta menarik selanjutnya tercipta di ajang Gothia Cup 2019 ini. Dimana dalam salah satu tim dari Brasil, terdapat pemain berdarah Indonesia, yakni Welberlieskott de Halim Jardim.

Welber yang lahir dari Ibu berasal dari Indonesia dan Ayah asli Brasil itu bahkan sukses mencetak dua gol dalam kemenangan timnya melawan wakil Inggris di pertandingan perdana fase grup Gothia Cup 2019.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%