Liga Indonesia

Presiden Persijap: Sepak Bola Wanita Bukan Cuma Masalah Gender!

Selasa, 16 Juli 2019 17:48 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ivan Reinhard Manurung/INDOSPORT
Presiden Persijap, Esti Puji Lestari berbincang soal sepak bola wanita di Indonesia dengan awak redaksi berita olahraga INDOSPORT. Copyright: © Ivan Reinhard Manurung/INDOSPORT
Presiden Persijap, Esti Puji Lestari berbincang soal sepak bola wanita di Indonesia dengan awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Sepak bola wanita mendadak mendapatkan sorotan besar dari publik dunia. Hal itu tidak lepas dari gelaran Piala Dunia Wanita 2019 di Prancis beberapa waktu lalu.

Hal itu rupanya meninggalkan kesan yang cukup dalam bagi seorang Esti Puji Lestari. Wanita yang dikenal sebagai Presiden Klub Persijap Jepara itu memang memiliki perhatian khusus pada sepak bola wanita.

"Buat saya, ini sudah bukan tentang masalah gender lagi," tegas Esti dalam wawancara eksklusif dengan redaksi berita olahraga INDOSPORT , Senin (16/07/19) lalu di Jakarta.

Baginya, sepak bola kini menjadi wadah pengembangan diri bagi para wanita. Bahkan, beragam posisi bisa saja ditempati oleh wanita ketika terjun ke dunia sepak bola seperti dirinya.

"Wanita itu punya banyak tempat di sepak bola ya. Sebagai pemain, sebagai manajemen, bisa jadi wasit juga, dan match commisioner," ujar wanita yang turut mendirikan klub Persijap Kartini itu.

Esti sendiri melihat sejumlah kemunculan sosok-sosok wanita dalam sepak bola Indonesia. Sebut saja COO Madura United Annisa Zhafarina yang menambah daftar wanita dalam kepengurusan klub saat ini.

"Saya harap hal seperti ini bukan hanya sebagai trendsetter, tapi juga ditekuni untuk membawa sepak bola wanita lebih maju," pesan Esti pada para perempuan yang mengikuti jejaknya di dunia sepak bola.