Bola Internasional

Demi Sepak Bola, Wonderkid Indonesia di Belanda Jalani Latihan Berat

Rabu, 17 Juli 2019 13:55 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Richie Risnal menunjukkan semangat besarnya dalam mengejar cita-cita sebagai bintang sepak bola dunia. Bakat muda Indonesia yang tengah menimba ilmu di Belanda itu tak ragu menjalani latihan ekstra keras demi sepak bola.

Melalui akun Instagram pribadinya, Richie membagikan momen ketika ia melahap menu latihan fisik yang ia lakoni di luar lapangan hijau.

Beragam menu latihan fisik dilakukan oleh Richie. Mulai menarik tambang, berlari dengan parasut, berjalan dengan tali rubber, sampai melincat tinggi-tinggi.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by RichieRisnal🇮🇩🇮🇩 (@richierisnal) on

Richie punya alasan kuat mengapa ia rela melakukan latihan fisik yang cukup menyiksa sejak usia belia. Dalam caption di Instagram-nya, ia menulis bahwa kekuatan, kecepatan, dan daya tahan hanya bisa didapat melalui latihan keras.

Richie Risnal merupakan salah satu bakat muda sepak bola Indonesia yang pada tahun 2017 lalu tergabung dengan Bussumse Football Club (BFC). BFC sendiri salah satu klub yang memiliki kerja sama dengan Ajax Amsterdam.

BFC dan Ajax terlibat kerja sama teknis sejak tahun 2013 lalu. Sehingga pola latihan dan pengembangan bakat mudanya cukup ketat.

Selain dengan Bussumse Football Club, anak yang bermimpi membela Timnas Indonesia ini juga berlatih bersama sebuah akademik di luar klub tersebut. Yaitu Coerver Academy yang pada awal Mei 2019 lalu terbang ke Spanyol.

Bakat besar Richie Risnal pun sempat menarik perhatian beberapa klub dan akademi sepak bola ternama di Eropa. Beberapa diantaranya adalah Akademi Feyenoord dan Sir Bobby Charlton Soccer Schools yang sempat menyatakan tertarik pada Richie pada 2017 lalu.