Bola Internasional

Pernah Dirumorkan Gabung Persija, Begini Kabar Terbaru Pemain Naturalisasi Joey Suk

Sabtu, 20 Juli 2019 11:02 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Isman Fadil
© VI Images via Getty Images
Pemain keturunan Indonesia, Joey Suk, saat bermain bagi klub Go Ahead Eagles di kompetisi sepak bola Liga Belanda. Copyright: © VI Images via Getty Images
Pemain keturunan Indonesia, Joey Suk, saat bermain bagi klub Go Ahead Eagles di kompetisi sepak bola Liga Belanda.

INDOSPORT.COM – Nama Joey Suk pernah menyita perhatian pecinta sepak bola Indonesia. Selain disorot karena proses naturalisasinya, pemain berdarah Indonesia-Belanda itu juga sempat dirumorkan bakal gabung klub Liga 1, Persija Jakarta.

Rumor bakal gabungnya Joey Suk ke Persija menyeruak jelang bergulirnya kompetisi Liga 1 2019. Bahkan, kabar tersebut sampai juga di telinga mantan pelatih Macan Kemayoran di awal musim, Ivan Kolev.

Meski akhirnya Kolev membantah, namun berita bahwa Persija mengincar Joey Suk sempat membuat namanya banyak dibicarakan oleh pecinta sepak bola Tanah Air.

Sebenarnya, bukan sekali saja pemain yang kini berusia 30 tahun itu menjadi sorotan penggemar sepak bola Indonesia. Nama Joey Suk pertama kali menyita atensi publik Tanah Air pada medio 2011 silam.

Saat itu, gelandang kelahiran Deventer tersebut santer dikabarkan bakal menjalani proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia, bersama dua nama lain yaitu Diego Michiels dan Ruben Wuarbanaran.

Berbeda dengan dua rekannya yang akhirnya benar-benar dinaturalisasi, proses naturalisasi Joey Suk hingga kini masih mengambang. 

Ia sempat dinyatakan menjadi warga negara Indonesia dan dipanggil PSSI mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 untuk pertandingan Pra Olimpiade menghadapi Turkmenistan pada tahun 2011 lalu.

Namun setelah itu, kasus naturalisasi Joey Suk menguap begitu saja dan sang pemain tidak pernah membela skuat Merah Putih, baik di level U-23 maupun senior.

Lama tak terdengar kabarnya, nama Joey Suk kembali muncul ke permukaan setelah ia mengutarakan niatnya untuk menjadi warga negara Indonesia dan membela Timnas Garuda pada awal tahun 2019 ini.

Joey Suk sendiri saat ini bermain untuk klub Kroasia, HNK Gorica. Ia bergabung dengan klub kasta teratas Liga Kroasia itu sejak Agustus 2018 lalu. Sebelumnya, ia bermain bagi Go Ahead Eagles dan NAC Breda di komppetisi Liga Belanda.

Pada kompetisi musim 2018/19 yang merupakan musim debut Joey Suk di Liga Kroasia, ia langsung menjadi pemain andalan HNK Gorica. Pemain berpostur 185 cm itu tampil dalam 27 pertandingan serta sukses mencetak lima gol dan dua assist.