Liga Indonesia

Kebangkitan Persipura Jayapura Tak Lepas dari Peran Penting Pemain Senior

Rabu, 24 Juli 2019 16:04 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
© Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago saat memberikan intruksi kepada salah satu pemain senior Persipura, Ricardo Salampessy. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago saat memberikan intruksi kepada salah satu pemain senior Persipura, Ricardo Salampessy. Foto: Sudjarwo/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pasca keberhasilan Persipura Jayapura meraih dua kemenangan beruntun di kompetisi Shopee Liga 1 2019, juru racik Jacksen F. Tiago mengaku hal tersebut tak terlepas dari pengaruh pemain seniornya.

Jacksen menilai, para pemain senior yang dimiliki skuat berjuluk mutiara hitam seperti sang kapten Boaz Solossa, Ricardo Salampessy, Ian Louis Kabes, Tinus Pae dan Imanuel Wanggai masih punya peran penting.

Meski mengakui usia pemain senior Persipura itu tak lagi muda seperti saat ia datang pertama kali ke Jayapura, namun dirinya menilai pengalaman mereka merupakan bekal yang berharga bagi tim.

"Saya sudah kenal mereka sejak lama dan saya bilang ke mereka bahwa kita saling tahu satu sama lain, faktor umur jelas kita tidak bisa bohongi, tapi saya rasa pengalaman mereka sangat bermanfaat untuk menjembatani para pemain junior," ungkap Jacksen F Tiago kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.com, Rabu (24/7/19).

"Dan saya rasa itu sangat penting saat ini untuk sebuah transisi, tidak mungkin kita harus buang pemain senior semua dan taruh pemain muda semua, jelas tidak sama sekali. Saya rasa pemain senior sangat membantu dan menjadi sebuah jembatan antara pemain muda," tambahnya.

Di satu sisi, Jacksen juga tak mau buru-buru untuk memainkan banyak pemain muda dalam tim Persipura saat ini. Menurutnya, pemain-pemain muda Persipura perlu terus bekerja keras dan berjuang sendiri untuk mendapatkan tempat di tim utama.

"Saya tidak menjamin pemain muda akan langsung bisa mendapatkan tempat. Apapun yang mau mereka dapat, mereka harus berusaha keras dan bersaing dengan pemain senior," tandasnya

1