In-depth

Dani Ceballos, Titisan Santi Cazorla yang Dirindukan Publik Arsenal

Jumat, 26 Juli 2019 15:19 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Alan Walter - Arsenal FC/Arsenal FC via Getty Images
Pemain anyar Arsenal, Dani Ceballos. Foto: Alan Walter - Arsenal FC/Arsenal FC via Getty Images. Copyright: © Alan Walter - Arsenal FC/Arsenal FC via Getty Images
Pemain anyar Arsenal, Dani Ceballos. Foto: Alan Walter - Arsenal FC/Arsenal FC via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Liga Primer Inggris Arsenal baru saja memperkenalkan gelandang Dani Ceballos dan tampaknya bisa menjadi titisan Santi Cazorla yang telah dirindukan suporter setia The Gunners.

Kabar tersebut diumumkan langsung Arsenal melalui laman resmi mereka, Jumat (26/07/19) dini hari atau Kamis (25/07/19) malam waktu setempat.

Dani Ceballos direkrut dengan status pinjaman selama satu musim penuh dengan berbagai opsi. Dia diharapkan bisa mengisi pos yang ditinggalkan Aaron Ramsey.

Juru skema Arsenal Unai Emery pun tak ragu memberikan pujian pada Ceballos usai bisa didaratkan pada bursa transfer musim 2019/2020.

"Dia (Ceballos) itu pemain sepak bola yang penuh bakat, punya teknik yang tinggi, kreatif, dan ambisi yang tinggi," tutur Emery.

Hadirnya Dani Ceballos ke Arsenal jelas diharapkan mampu menambah daya serang dari tim sepak bola asal London Utara tersebut di musim 2019/20.

Pengumuman Ceballos juga mendapat respons dari para netizen di berbagai media sosial. Banyak dari mereka berharap kalau Ceballos bisa mengikuti jejak Santi Cazorla.

Sebab magis Cazorla kala menjadi pengontrol lini tengah Arsenal belum ada yang bisa menggantikan. Sehingga banyak pendukung Arsenal berharap besar pada Ceballos.

Lantas apa yang membuat Ceballos bisa mengemban tugas yang pernah dijalankan oleh Cazorla kala masih dinahkodai Arsene Wenger dulu?

Karakter Mirip

© INDOSPORT
Santi Cazorla sudah mulai berlatih. Copyright: INDOSPORTSanti Cazorla saat berlatih kala masih berseragam Arsenal.

Baik Ceballos maupun Cazorla memiliki karakter bermain yang mirip sebagai gelandang tengah yang mengatur tempo permainan tim.

Keduanya bisa berperan sebagai nomor 10 dan 8. Ceballos dan Cazorla juga memiliki dua kaki yang hidup dalam mengontrol bola, menggiring, atau melepaskan umpan.

Menurut data yang disajikan laman Whoscored, kesamaan Ceballos dan Cazorla ada pada segi passing, defensive contribution, dan dribbling yang kuat.

Bisa dibilang sangat masuk akal kalau Ceballos bukan pemain yang fokus di sepertiga akhir area lawan. Tetapi lebih condong untuk bisa mengalirkan bola dari belakang ke depan.

Kontrol Bola

© Alan Walter - Arsenal FC/Arsenal FC via Getty Images
Pemain anyar Arsenal, Dani Ceballos. Foto: Alan Walter - Arsenal FC/Arsenal FC via Getty Images Copyright: Alan Walter - Arsenal FC/Arsenal FC via Getty ImagesPemain anyar Arsenal, Dani Ceballos. Foto: Alan Walter - Arsenal FC/Arsenal FC via Getty Images

Selain itu Ceballos dan Cazorla juga memiliki kemampuan dalam holding on to the ball alias kontrol bola di kaki yang sama bagusnya.

Dari beberapa cuplikan yang disajikan dalam laman YouTube, Ceballos tak ragu untuk berani memegang bola lebih lama dan melewati lawan guna membuka celah kepada rekan-rekannya.

Akibatnya baik Ceballos maupun Cazrola kerap dilanggar oleh pemain lawan. Tentu hal ini bukanlah peran yang mudah untuk dijalankan.

Hanya pemain-pemain yang memiliki naluri atau bakat alami kala bermain elegan sebagai gelandang. Poin positifnya kuda-kuda kedua kaki Ceballos sama baiknya.

Visi Mumpuni

© Joe Gilgun/Getty Images
Caption Copyright: Joe Gilgun/Getty ImagesSanti Cazorla kala masih membela Arsenal.

Bahkan Ceballos juga mempunyai visi yang mumpuni dalam memberikan umpan dan melihat celah terbuka dari rekan-rekannya di area kotak penalti.

Ceballos juga tak ragu dalam melepas tendangan keras ke arah gawang sebagai spekulasi kala tim sepak bola yang dibelanya mengalami kebuntuan maksimal.

Menurut laporan It's Round It's White yang ditulis oleh Toby Prince per 26 Juli 2019 kalau Ceballos memiliki kemampuan lengkap.

"Dia memecah permainan seperti Torreira, menemukan umpan hampir sama alami seperti Ozil, bekerja keras mirip Guendouzi, dan menembak dari kejauhan sama baiknya seperti Xhaka," tulis media tersebut.

Meski begitu keahlian Ceballos di bawah arahan Unai Emery tampaknya masih belum bisa diketahui. Lantaran belum diturunkan hingga sejauh ini.