Liga Inggris

Bukan Messi, Guardiola Sebut Wonderkid Manchester City Pemain Paling Berbakat

Sabtu, 27 Juli 2019 12:32 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Meski sudah pernah bekerja sama dengan pemain sekelas Lionel Messi, Pep Guardiola mengatakan pemain muda Manchester City, Phil Foden, merupakan pesepak bola paling berbakat yang pernah ia jumpai. 

Tak hanya Messi, Guardiola juga pernah melatih Xavi Hernandez saat di Barcelona dan Robert Lewandowski di Bayern Munchen. Namun, ia malah memilih gelandang berusia 19 tahun tersebut. 

"Saya mengatakan berkali-kali dalam konferensi pers, tetapi mungkin tidak di depannya. Dia adalah pemain paling berbakat yang pernah saya lihat sebagai pemain atau pelatih sepak bola," kata Guardiola seperti dikutip dari Goal. 

Menurutnya, Foden memiliki segalanya untuk menjadi salah satu pemain terbaik dunia dan bukan hanya di Inggris. Hanya terkadang, pelatih sepak bola tak menempatkannya di tim utama. 

"Semoga di masa depan dia bisa berkembang. Dia pantas mendapatkan banyak waktu untuk bermain tetapi dia tahu tim apa yang dia mainkan dan dengan para pesaingnya itu tidak mudah," tukasnya. 

Guardiola menilai Foden sebagai sosok yang berpikiran terbuka dan berlatih sangat keras dalam setiap sesi. Ia pun bertekad menjadikan Foden semakin baik di Manchester City

Sadar akan bakat besar yang dimiliki seorang Phil Foden, Guardiola memberikannya kesempatan tampil di tim utama The Citizens sebanyak 10 pertandingan pada musim 2017/18 lalu. 

Selanjutnya, ia diberi kepercayaan untuk tampil dalam 26 pertandingan musim lalu. Pemain Timnas Inggris U-21 tersebut bahkan berhasil mencetak 7 gol di semua kompetisi.