Liga Indonesia

Kenny Anderson, Gelandang Keturunan yang Bisa Jadi 'Messi' Untuk Timnas Indonesia di Piala Dunia

Sabtu, 27 Juli 2019 16:36 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Dailyrecord
Kenny Anderson, salah satu pemain keturunan Indonesia di Belanda. Copyright: © Dailyrecord
Kenny Anderson, salah satu pemain keturunan Indonesia di Belanda.

INDOSPORT.COMKenny Anderson, salah satu gelandang keturunan yang saat ini tengah bermain di kompetisi Eropa, bisa menjadi sosok 'Lionel Messi' untuk Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Bagi sebagian pecinta sepak bola Tanah Air mungkin nama Kenny Anderson tidaklah terlalu populer bahkan mungkin jarang terdengar, namun tidak untuk fans Bali United lantaran sang pemain sempat diisukan bergabung pada musim 2017 silam.

Pemain berusia 27 tahun tersebut memang lahir di Belanda, tepatnya di Gorinchem, namun ia masuk ke dalam salah satu talenta keturunan Indonesia yang dipantau Kemenpora untuk dinaturalisasi tahun 2015 lalu.

Kenny memang memiliki garis keturunan Indonesia yang berasal dari ibunya, dengan alasan tersebut PSSI hendak menaturalisasinya berbarengan dengan Stefano Lilipaly, tapi hingga saat ini proses naturalisasi Kenny tidak berlanjut.

Padahal jika Kenny dapat membela Merah-Putih, eks RKC Waalwijk tersebut bisa memainkan peran yang Lionel Messi saat di Barcelona untuk Timnas Indonesia dalam kualifiaksi Piala Dunia 2022 mendatang.

Sebab melihat dari catatan serta video permainannya saat membela Waalwijk, pemain yang membawa Heart of Midlothian promosi ke kasta teratas Liga Skotlandia musim 2014/15 itu punya skill serta kecepatan yang mungkin bakal menguntungkan Timnas.

Berposisi sebagai gelandang serang, Kenny Anderson kerap melakukan pergerakan di kotak penalti untuk membuka ruang serta tak sungkan turun ke belakang dalam menjemput bola.

Menariknya lagi, Kenny Anderson beberapa kali terlihat sukses melakukan dribel dan melewati sejumah pemain belakang lawan bahkan melepaskan tembakan yang sesekali berujung gol.

Tak cuma piawai melakukan solo run, jebolan Timnas U-15 Belandai ini juga punya visi yang jelas dalam mengirimkan umpan. Tak heran jika tiga asis pernah ia catatkan dalam 28 penampilan di ajang Eredivisie.

Gaya bermain dan peran Kenny juga hampir mirip dengan sosok mega bintang Barcelona, Lionel Messi, di mana pemain Argentina ini juga beberapa kali ditempatkan sebagai gelandang serang.

Meski ditempatkan sebagai gelandang, namun Messi berhasil berakselerasi ria di kotak penalti lawan dan tak jarang ia sukses menceploskan bola ke gawang lawan.

Berkaca dengan formasi baku 4-3-3 yang kerap dimainkan Simon McMenemy saat melatih Bhayangkara FC, sosok pemain seperti Kenny Anderson mungkin dapat berguna dalam taktik tersebut.

Selain bisa ditempatkan sebagai gelandang serang, Kenny Anderson juga cocok diplot sebagai striker utama mengingat Timnas sangat minim penyerang berkulitas selepas era Boaz Solossa, atau menjadi winger lantaran kecepatan yang ia miliki.

Bahkan Kenny Anderson juga bisa memainkan peran sama dengan Lionel Messi, yakni gelandang yang bergerak bebas di lini tengah baik dalam menyerang maupun memberi umpan.

Peran tersebut pernah membuat Messi tampil moncer bersama Barcelona, dan mungkin bisa dicoba Simon McMenemy jika ia berniat menggunakan jasa Kenny Anderson jelang laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti.