Liga Spanyol

PSSI-nya Spanyol Tetapkan Aturan Baru, Jadwal LaLiga Spanyol Berubah Total

Sabtu, 27 Juli 2019 20:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Logo LaLiga Spanyol. Copyright: © INDOSPORT
Logo LaLiga Spanyol.

INDOSPORT.COM – Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) menetapkan aturan baru terkait dengan pertandingan liga. Hal ini menyebabkan sejumlah jadwalkan di LaLiga Spanyol mengalami perubahan.

Dilansir dari outlet olahraga Spanyol, Marca, RFEF telah memutuskan pertandingan liga hanya bisa dimainkan pada hari Sabtu dan Minggu, alias akhir pekan.

Dengan keputusan baru ini, praktis tidak akan nada pertandingan liga yang digelar pada Jumat atau Senin, terutama di tiga pertandingan pertama setiap pekannya.

Akibatnya, jadwal pertandingan divisi pertama liga, yakni LaLiga Spanyol, pada Agustus dan September (sebagai laga pembuka 2019/20) mengalami perubahan.

Misalnya, Athletic Bilbao vs Barcelona akan bermain pada Sabtu (17/8/19) dini hari WIB, maju sehari dari jadwal semula, yakni Jumat (16/7/19).

Di hari yang sama, bentrokan juga akan menyajikan Real Mallorca vs Eibar, yang awalnya dijadwalkan hari Senin (19/07/19). Begitu pula dengan pertandingan Real Betis vs Real Valladolid.

Selain perubahan jadwal, peraturan baru RFEF ini juga memengaruhi kebijakan operator siaran seluruh dunia, yang mengantongi lisensi siaran langsung yang dikontrak untuk laga Senin dan Jumat.

Penetapan aturan itu sendiri berawal dari protes presiden RFEF, Luis Rubiales, terkait pengumuman jadwal pertandingan LaLiga 2019/20 ke publik, di mana laga pembuka Barcelona vs Atletico Bilbao digelar pada Jumat (16/8/19).

Rubiales menilai Jumat adalah hari yang kurang tepat untuk menggelar sebuah pertandingan sepak bola, apalagi membuka kompetisi LaLiga 2019/20, lantaran dirasa kurang mendatangkan animo penonton.