Liga Indonesia

PSSI Stop Program Naturalisasi, Bagaimana Nasib Marc Klok?

Sabtu, 27 Juli 2019 09:20 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Isman Fadil
© Akbar/celebesmedia.id
Pemain PSM Makassar, Marc Klok dipanggil Timnas Indonesia. Foto: Akbar/celebesmedia.id Copyright: © Akbar/celebesmedia.id
Pemain PSM Makassar, Marc Klok dipanggil Timnas Indonesia. Foto: Akbar/celebesmedia.id

INDOSPORT.COM - PSSI rupanya tidak menjalankan lagi program naturalisasi seperti yang telah mereka lakukan beberapa tahun lalu. Lantas, bagaimana dengan nasib gelandang PSM Makassar, Marc Klok?

Rupanya, pemain 26 tahun tersebut tetap memiliki peluang besar untuk berganti status menjadi warga negara Indonesia (WNI). Hanya saja, PSSI tidak dapat mempercepat prosesnya seperti yang mereka lakukan beberapa tahun lalu.

"PSSI sudah tidak lagi menjalankan program naturalisasi, dulu pernah ada di mana PSSI aktif mencari pemain dan mengurus segala macam administrasinya," ungkap Direktur Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo kepada awak media olahraga Makassar, Rabu (23/07/19).

"Sekarang PSSI tidak menjalankan program naturalisasi tapi tetap membantu kalau ada pemain yang mau pindah kewarganegaraan demikian juga ketika akan tampil di timnas," sambungnya.

Di sisi lain, dengan masih terbukanya peluang pemain asing untuk menjadi WNI, Gatot berharap kepada pemain lokal untuk terus meningkatkan kualitasnya agar tidak semakin tersisih dengan pemain naturalisasi.

Perlu diingat, saat ini telah banyak pemain naturalisasi yang dipanggil membela Timnas Indonesia seperti Beto Goncalves, Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim, Ilija Spasojevic, hingga Otavio Dutra dan Klok yang telah mengikuti pemusatan latihan meski masih dalam proses naturalisasi.

"Kalau nanti 8 dari 11 pemain timnas merupakan pemain naturalisasi, saya katakan itu bukan program naturalisasi dan kebijakan PSSI. Melainkan kewenangan pelatih dalam memilih pemain,"

"Hal itu juga tidak salah karena pemain naturalisasi yang dipilih adalah pemain yang sudah menjadi warga negara Indonesia yang punya hak membela timnas," tandas Gatot.

Proses naturalisasi Marc Klok sendiri diyakini telah mendekati fase akhir dan diperkirakan pemain yang akan bermain bersama PSM Makassar hingga 2022 akan resmi menjadi WNI pada putaran kedua Shopee Liga 1 2019 nanti.

IDS Emoticon Suka
Suka
6%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
6%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
39%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%