Liga Indonesia

3 Dampak Merugikan dari Ditundanya Laga Final PSM Makassar vs Persija Jakarta

Minggu, 28 Juli 2019 14:22 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
PSM Makassar vs Persija Jakarta di final Piala Indonesia 2019. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
PSM Makassar vs Persija Jakarta di final Piala Indonesia 2019.

INDOSPORT.COM - Pertandingan final leg kedua Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/2019 antara PSM Makassar vs Persija Jakarta resmi ditunda, Minggu (28/07/19).

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Panitia Pelaksana Pertandingan (Panpel) PSM, Ali Gauli, di Makassar kepada wartawan.

"Leg Kedua final Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/2019 ditunda setelah Persija Jakarta tak ingin ke Stadion Andi Mattalatta, Makassar, akibat teror suporter," ujar Ali.

Penundaan sendiri belum diketahui sampai kapan. Namun yang jelas penundaan akan menimbulkan sejumlah kerugian. Apa saja itu? Berikut ulasannya. 

1. Mengganggu Momen Persiapan Tim

Kedua tim tentunya sudah mempersiapkan tim dengan baik. Terutama PSM Makassar yang tampil sebagai tuan rumah. 

Dengan ditundanya laga, maka momen persiapan tim pun akan terganggu. Skuat terpaksa harus mengulang porsi latihan lagi untuk mempersiapkan fisik. 

© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Rizky Pellu dan Darije Kalezic (PSM Makassar/kiri) serta Julio Banuelos dan Riko Simanjuntak (Persija Jakarta). Copyright: Adriyan Adirizky/INDOSPORTRizky Pellu dan Darije Kalezic (PSM Makassar/kiri) serta Julio Banuelos dan Riko Simanjuntak (Persija Jakarta).

Belum lagi nanti akan menyesuaikan dengan jadwal kompetisi Liga 1. Secara psikologis, penundaan ini juga bisa mengganggu mental pemain yang tentunya sudah semangat dan matang untuk mulai bertanding. 

2. Ancaman Kisruh Suporter 

Keinginan Persija Jakarta untuk menolak bertanding tak lain untuk menghindari risiko yang tak diinginkan terkait dengan suporter. Namun, keputusan Persija tersebut justru bisa berisiko merusak kondusifitas suporter. 

© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Antrean panjang suporter akan memasuki lapangan Stadion Andi Mattalata. Copyright: Adriyan Adirizky/INDOSPORTAntrean panjang suporter akan memasuki lapangan Stadion Andi Mattalata.

Supoter yang telah datang lebih dahulu di stadion tentu saja akan kecewa. Satu jam sebelum kick off saja ribuan suporter sudah berjubel antre di depan stadion. Bisa-bisa, oknum suporter yang memojokkan Persija pun makin bertambah dan tak terkontrol. 

3. Jadwal Berantakan dan Masalah Ticketing

Liga 1 2019 merupakan salah satu liga dengan penjadwalan terburuk di dunia. Hampir tiap pekan selalu ada laga yang ditunda. 

Dengan mundurnya jadwal final Piala Indonesia, maka kemungkinan besar akan berdampak pula pada penjadwalan Liga 1. 

PSM Makassar saat ini baru bermain enam kali. Padahal banyak tim-tim lain sudah bermain sembilan sampai 11 kali. Untuk melawan Persija di leg kedua pun, PSM harus menunda laga melawan PSIS Semarang di Liga 1.

Selain mangacaukan jadwal, masalah ticketing juga bisa jadi isu tersendiri. Diharapkan panpel PSM tetap memberlakukan tiket hari ini untuk dipergunakan di laga selanjutnya. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
20%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
40%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
40%