Bola Internasional

Liga Thailand Kembali Pakai VAR Oktober Mendatang, Indonesia Kapan?

Minggu, 28 Juli 2019 20:38 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Sky Sports
Liga Thailand akan kembali menggunakan Video Assistant Referee (VAR) pada Oktober mendatang. Copyright: © Sky Sports
Liga Thailand akan kembali menggunakan Video Assistant Referee (VAR) pada Oktober mendatang.

INDOSPORT.COM - Liga Thailand kemungkinan besar batal menggunakan Video Assistant Referee (VAR) pada awal putaran kedua musim 2019. Rencananya penggunaan VAR baru akan dilaksanakan pada Oktober mendatang atau akhir musim.

Liga Thailand sudah pernah menerapkan VAR pada musim 2018. Namun, hanya berjalan sekitar empat bulan, penggunaan VAR dihentikan karena menimbulkan berbagai protes dari pihak klub, termasuk soal biaya.

VAR sebenarnya diwacanakan untuk dipakai kembali di kompetisi sepak bola Liga Thailand musim 2019 pada putaran kedua musim. Hanya saja, dengan berbagai pertimbangan, akhirnya urung dilaksanakan.

Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) pun tampaknya masih ingin mematangkan sumber daya wasit dan teknologi VAR itu sendiri, sehingga VAR baru akan digunakan pada Oktober 2019.

"FAT dengan FIFA dan AFC mengadakan Pelatihan VAR untuk untuk 4 Wasit. Sepertinya kita mungkin menggunakan VAR pada bulan Oktober," tulis akun Twitter resmi Liga Thailand.

Pada Oktober 2019, Liga Thailand sendiri sudah memasuki pekan terakhir dan hanya ada empat pertandingan yang dilaksanakan. Meski demikian, kondisi itu akan membuat penerapan VAR di Liga Thailand musim depan semakin matang.

Sementara itu, penerapan Video Assistant Referee di sepak bola Indonesia juga masih dalam tahap persiapan. PSSI selaku induk tertinggi pun melakukan observasi ke Thailand untuk mempelajari lebih lanjut tentang penerapan teknologi tersebut.