In-depth

Jejak Bintang Negeri Samba Berkelana di Sepak Bola Indonesia

Senin, 29 Juli 2019 14:32 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti, Rafif Rahedian | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Eli Suhaeli/pngimage.net
Brasil menjadi salah satu negara yang paling banyak menyumbang pemain dalam kompetisi sepak bola Indonesia. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/pngimage.net
Brasil menjadi salah satu negara yang paling banyak menyumbang pemain dalam kompetisi sepak bola Indonesia.

INDOSPORT.COM - Mengenakan batik hitam bermotif emas, Otavio Dutra lantang menyanyikan lagu Indonesia Raya di hadapan anggota Komisi X DPR RI pada Rabu (24/07/19) kemarin.

Menyanyikan lagu kebangsaan tersebut memang jadi salah satu syarat dalam proses naturalisasi bek milik Persebaya Surabaya tersebut menambah daftar bintang Brasil yang menjadi yang pindah warga negara menjadi Indonesia.

Sebelum nama Dutra, sudah ada sejumlah nama lain yang memutuskan untuk meninggalkan kewarganegaraan Brasil mereka. Sebut saja striker Madura United yang juga penyerang dari Timnas Indonesia, Alberto Goncalves Da Costa.

Deretan nama tersebut tentunya menjadi fenomena tersendiri dalam dunia sepak bola Indonesia. Tercatat sebanyak 23 pemain Brasil menguasai slot pemain asing yang ada di klub-klub kompetisi Shopee Liga 1 2019.

Untuk sampai pada situasi saat ini, para pemain Brasil punya sejarah yang cukup panjang untuk berkelana di sepak bola Indonesia.

Bukan pula perjalanan yang mudah bagi mereka, yang datang dari negara dengan hasrat dan kecintaan luar biasa pada si kulit bundar.

Lantas bagaimana sebenarnya para bintang sepak bola asal Negeri Samba menginvasi sepak bola Indonesia, hingga akhirnya jatuh cinta, dan rela meninggalkan kewarganegaraan mereka selamanya?

Brasil Eksportir Pesepakbola

© Lucas Uebel/Getty Images
Aksi selebrasi timnas Brasil lolos ke semifinal Copa America usai taklukan Paraguay lewat adu penalti. Copyright: Lucas Uebel/Getty ImagesBanyak pemain bintang dunia yang berasal dari Brasil.

Pelatih asal Brasil yang sudah mencari nafkah di Indonesia 25 tahun, Jacksen Ferreira Tiago melihat sepak bola bukan sekedar olahraga biasa yang membawa nama Brasil menjadi besar.

“Sepak bola adalah bagian dari budaya keseharian kita,” ujar legenda Persebaya kelahiran kota Rio de Janeiro itu dengan redaksi INDOSPORT.

Pelatih yang saat ini menukangi Persipura Jayapura menggambarkan bagaimana dirinya dan beberapa teman masa kecilnya menghabiskan akhir pekan mereka dengan bermain sepak bola.

Masyarakat Brasil selalu punya waktu luang sepulang dari kerja. Banyak dari mereka yang menghabiskan waktu di pantai. Salah satunya untuk bermain sepak bola di sana.

Hal ini yang kemudian membuat Brasil akhirnya mantap tercatat sebagai negara eksportir bintang-bintang sepak bola dunia.

International Centre of Sports Studies (CIES) Observatory, lembaga penelitian sepak bola asal Swiss mencatat sebanyak 1.236 pemain Brasil tersebar di klub-klub yang ada di dunia.

Tak hanya sampai di situ saja. Sekitar 306 pemain profesional Brasil merumput di liga-liga Asia. Sejak tahun 2017, tercatat kurang lebih 14 pemain bertambah setiap tahunnya.

Jepang menjadi negara tujuan utama bagi para pemain Brasil ketika merumput di sepak bola Asia. Masih ada sederet negara tujuan lainnya, termasuk Indonesia.

Jairo Matos yang Pertama

© Dok. Pribadi
Jairo Matos Copyright: Dok. PribadiJairo Matos, pemain sepak bola asal Brasil pertama di Indonesia.

Jairo Matos antusias bercerita tentang bagaimana dirinya meninggalkan klubnya di Jepang, Yomiuri FC usai sembilan tahun lamanya, menuju Indonesia.

Adalah Pardedetex, klub tanah Batak yang berhasil meyakinkan Jairo untuk mengarungi kompetisi era Galatama pada 1983 lalu.

“Saat itu, ada pelatih Belanda yang pernah latih Timnas Indonesia, sekaligus membantu Pardedetex di Galatama,” ujar Jairo pada INDOSPORT.

Keputusan Jairo untuk bermain untuk Pardedetex pun akhirnya membawa dirinya sebagai pemain Brasil pertama dalam sepak bola Indonesia.

Atmosfer suporter sepak bola negeri ini lah yang membuat Jairo pun jatuh hati. “Penonton Indonesia itu cinta sepak bola,” kata pria yang telah menetap 35 tahun di Indonesia itu.

Bukan cuma Jairo yang merasakan atmosfer itu, tetapi juga bintang Brasil pertama di Liga Indonesia, Claudio Antonio alias Toyo.

Kemudian disusul oleh Jacksen F. Tiago. Tak cuma dikenal sebagai legenda Persebaya Surabaya, Jacksen pun mencatat raihan sangat gemilang kala menukangi Persipura enam tahun lamanya, yakni tahun 2008-2014.

Jajah Liga 1 2019

© ShopeeLiga1
Logo Resmi Shopee Liga 1 2019. Foto: ShopeeLiga1 Copyright: ShopeeLiga1Tercatat ada 23 pemain Brasil yang berkompetisi di Liga 1 2019.

Dalam kompetisi Liga 1 2019, tercatat sebanyak 23 pemain Brasil menempati slot pemain asing. Jika dibandingkan yang sebelumnya, angka tersebut merupakan yang tertinggi selama tiga musim terakhir.

Pada musim ini, sederet nama penggawa anyar asal Brasil ikut merumput di kompetisi sepak bola kasta tertinggi Indonesia.

Sebut saja Rafael Silva yang direkrut dari kompetisi kasta tertinggi Serie A Brasil, yang bermain di Barito Putera musim ini. Ada pula Alex Goncalves di Persela, hingga Ciro Alves di TIRA-Persikabo.

Pesona bintang-bintang Brasil yang kembali bermain di Liga 1 musim ini boleh jadi tidak lepas dari Persija Jakarta effect, dimana klub asuhan Stefano Teco kala itu merebut juara edisi 2018.

Dua penggawa Brasil, Jaimerson da Silva Xavier dan Renan Silva berhasil membawa Persija bangkit usai vakum gelar selama 17 tahun lamanya.

Besar kemungkinan klub-klub Liga 1 musim ini ingin mengikuti jejak Persija untuk memenuhi ambisi mereka meraih gelar juara nanti.