Bola Internasional

6 Klub Sepak Bola Dunia yang Pernah Diteror Suporter dengan Petasan

Selasa, 30 Juli 2019 19:23 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Termasuk Persija dan Persib 6 klub dunia yang pernah diteror terduga suporter dengan petasan. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Termasuk Persija dan Persib 6 klub dunia yang pernah diteror terduga suporter dengan petasan.

INDOSPORT.COM - Baru-baru ini telah terjadi teror dari para terduga suporter yang menggunakan petasan dan ada enam klub dunia yang pernah mengalaminya.

Perbuatan teror tentu tak dibenarkan oleh siapapun, terlebih sudah masuk ke ranah olahraga, khususnya sepak bola. Pasalnya olahraga ini menjunjung nilai sportivitas tinggi.

Teror yang dilancarkan para terduga suporter dengan petasan kepada sebuah tim sepak bola yang menginap di hotel ini tentu bakal membahayakan lingkungan sekitar.

Pasalnya kembang api atau petasan memiliki bahan-bahan kimia yang dapat mengundang percikan api dan membakar sebuah barang jika tidak hati-hati.

Nah, baru-baru ini terduga suporter berani meneror calon lawan tim kesayangan mereka dengan menyalakan petasan di sekitar hotel tempat klub rival.

Diduga mereka ingin memberikan kesan kalau tim pujaannya begitu superior terhadap lawannya kali ini. Namun hal tersebut tak bisa dibenarkan sama sekali.

Maka dari itu mari simak ulasan berikut terkait klub-klub sepak bola dunia yang pernah diteror oleh terduga suporter dengan petasan kala menginap di hotel.

1. Tottenham Hotspur

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Tottenham Hotspur. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTLogo Tottenham Hotspur.

Klub Liga Primer Inggris Tottenham Hotspur juga pernah merasakan teror dari terduga suporter ketika menginap di hotel jelang leg kedua Liga Champions 2018/2019.

Kala itu Tottenham Hotspur bakal bersua Ajax Amsterdam di kandang mereka, Mei 2019. Tiba-tiba pada malam hari terduga suporter Ajax melancarkan aksi tak terpuji itu.

Hal ini disampaikan langsung oleh salah satu pengurus Tottenham Hotspur yang mau buka suara akibat tindakan terduga fans Ajax.

"Kembang api itu membangunkanku.Suaranya memekakkan telinga. Fans Ajax benar-benar berusaha mengganggu pemain Spurs," ujarnya dilansir The Sun.

2. Juventus

© Damieen - DeviantArt
Logo Juventus. Copyright: Damieen - DeviantArtLogo Juventus.

Kemudian Juventus juga pernah merasakan diteror oleh terduga suporter dengan petasan ketika menginap di hotel jelang laga melawan Ajax Amsterdam.

Laga tersebut merupakan leg pertama perempatfinal Liga Champions 2018/2019. Tentu saja ulah tersebut mengganggu aktifitas istirahat para pemain Juventus.

Berdasarkan laporan Mirror, terduga suporter yang menyalakan petasan terjadi dua kali pukul 02.00 dan 04.00 dini hari waktu setempat.

Upaya yang dilakukan terduga para suporter Ajax itu ternyata menghasilkan catatan baik, dimana laga Ajax Amsterdam vs Juventus berakhir imbang 1-1.

3. Real Madrid

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Real Madrid. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTLogo Real Madrid.

Selanjutnya Real Madrid juga menjadi sasaran dari para terduga suporter yang menyalakan petasan ketika El Real tengah istirahat di hotel tempat mereka menginap.

Teror tersebut terjadi jelang laga Ajax Amsterdam vs Real Madrid. Beruntung pihak keamanan daerah setempat langsung membekuk empat tersangka yang meneror dengan petasan seperti dilaporkan Daily Mail.

Sebelumnya Real Madrid juga sempat mendapatkan hal serupa dari terduga suporter Paris Saint-Germain (PSG) jelang babak 16 besar Liga Champions 2017/2018.

Menurut Football Espana, Upaya tersebut membuat petugas hotel bertindak cepat dengan menelepon polisi setempat. Petasan yang diledakan pun tak begitu banyak.

4. Persija Jakarta

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persija Jakarta Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTLogo Persija Jakarta.

Persija Jakarta menjadi salah satu klub dunia yang pernah merasakan diteror oleh terduga suporter dengan petasan kala menginap di hotel jelang laga.

Pertandingan yang dimaksudkan ialah final leg ke-2 Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/2019 bersua PSM Makassar di Stadion Mattoangin, Minggu (28/07/19).

Hotel tempat menginap Persija tiba-tiba didatangi oleh terduga suporter yang menyalakan petasan ke udara dan mengganggu waktu istirahat.

"Memang betul kemarin saya tidur dari Jam 10 dan saya kebangun karena ada petasan. Ditambah ada motor yang geber-geber," kara winger Persija Riko Simanjuntak kepada wartawan di Makassar.

5. Persib Bandung

© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persib Bandung Copyright: Eli Suhaeli/INDOSPORTLogo Persib Bandung.

Lalu Persib Bandung juga pernah merasakan teror dari terduga suporter yang menyalakan petasan di sekitar hotel tempat Supardi Nasir dan kolega menginap di Kota Malang.

Sebab Persib bakal bertandang ke markas Arema FC dalam lanjutan pekan keempat Liga 1 2019, Selasa (30/07/19). Tiba-tiba saja pada dini hari orang-orang tak bertanggung jawab ini mengganggu tidur.

Hal init terlihat dalam unggahan video singkat di akun media sosial Instagram resmi pelatih Persib Robert Rene Alberts.

"(Pukul) 02.50 di Malang. Tidak ada polisi. Mari semuanya nikmati sepak bola. Sepak bola itu untuk dinikmati,” tulis Robert.

6. Timnas Argentina

© Gustavo Ortiz/Jam Media/Getty Images
Rodrigo de Paul (tengah) saat bersama Timnas Argentina Copyright: Gustavo Ortiz/Jam Media/Getty ImagesRodrigo de Paul (tengah) saat bersama Timnas Argentina.

Timnas Argentina juga sempat merasakan teror petasan dari para terduga suporter di hotel ketika hendak bersua Timnas Brasil dalam laga semifinal Copa America 2019.

Berdasarkan laman Todo Noticias, terduga suporter datang ke hotel pada dini hari. Mereka menyalakan petasan untuk mengganggu jam istirahat para pemain Timnas Argentina.

Meski begitu Lionel Messi dan kolega tetap melanjutkan istirahatnya guna persiapan melawan Timnas Brasil esok harinya.