Liga Indonesia

Hadapi PSM Makassar, Teco Teringat Kenangan di Persija Jakarta

Selasa, 30 Juli 2019 16:05 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Novik Lukman/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, dalam konferensi pers. Copyright: © Novik Lukman/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, dalam konferensi pers.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar menjalani masa dilematis menjelang partai lawan Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (1/8/19). Jadwal lanjutan Shopee Liga 1 2019 ini sangat berdekatan dengan leg kedua final Piala Indonesia 2018/19.

Situasi yang dihadapi PSM Makassar mengingatkan pelatih Bali United, Stefano Cugurra, pada pengalamannya di Persija Jakarta musim lalu, tepatnya saat sedang bersiap menuju final Piala Presiden 2019. 

Tiga hari sebelum final, Persija harus bertandang ke Malaysia untuk melakoni laga Piala AFC 2018, melawan Johor Darul Takzim. Situasinya benar-benar dilematis buat mereka waktu itu.

Teco, sapaan akrab Stefano Cugurra, banyak menyimpan pemain utama untuk persiapan final. Alhasil, Persija takluk 0-3 di Johor Bahru, namun sebagai gantinya mereka sukses menjuarai Piala Presiden 2019 setelah mengalahkan Bali United 3-0.

"Saat itu ada banyak tekanan, Persija harus juara Piala Presiden, karena sudah lama tidak juara. Sekarang situasinya mirip dengan PSM, mereka juga sudah lama tidak juara dan benar-benar mau juara," ucap Teco, Selasa (30/7/19).

Bisa jadi, rotasi pemain akan dilakukan PSM Makassar saat menghadapi Bali United, apalagi leg kedua final Piala Indonesia akan berlangsung pada Selasa (6/8/19). Waktunya sangat mepet, belum lagi waktu sehari akan habis untuk perjalanan dan menunggu di bandara.

"Saat itu saya mainkan tim cadangan di Johor, karena takut cedera atau pemain kelelahan, tapi saya tak tahu apakah pelatih PSM juga akan melakukan hal yang sama sekarang," imbuhnya.

Namun, Teco tidak mau ambil pusing dengan situasi tersebut karena mempersiapkan tim dengan maksimal lebih penting ketimbang memikirkan situasi lawan. Teco memastikan semua pemain punya tekad sama untuk mengamankan poin penuh di markas sendiri.