Liga Indonesia

7 Rekomendasi PSSI untuk Panpel PSM Makassar, Sebagian Besar Soal Suporter

Rabu, 31 Juli 2019 12:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Logo PSSI. Copyright: © INDOSPORT
Logo PSSI.

INDOSPORT.COM - PSSI selaku operator Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19 telah mengeluarkan jadwal baru laga leg kedua final antara PSM Makassar melawan Persija Jakarta di Stadion Andi Mattalatta, yakni Selasa (6/8/19).

Meski telah mengeluarkan jadwal baru dan mengizinkan laga kembali digelar di Makassar, PSSI mengeluarkan beberapa keputusan. Paling tidak ada tujuh rekomendasi untuk Panita Pelaksana pertandingan nanti.

Rekomendasi ini pun bukan sembarangan dikeluarkan oleh PSSI karena mengacu pada FIFA Stadium Safety and Security Regulation. Sekjen  Ratu Tisha Destria percaya bahwa Panpel PSM dapat menjalankan hal-hal tersebut. 

PSSI meyakini Panpel PSM Makassar selaku penanggung jawab utama pertandingan akan memenuhi kewajiban untuk melaksanakan rangkaian pertandingan dari H-2 hingga H+1 dengan aman dan nyaman. 

Mereka tak ketinggalan mengapresiasi kerja sama pihak kepolisian dan unsur keamanan lainnya dalam mensukseskan pelaksanaan pertandingan final Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19.

Berikut tujuh rekomendasi PSSI untuk PSM Makassar:

1. Tidak ada kegiatan yang mengundang massa di Stadion pada saat latihan resmi (H-1).

2. Panpel wajib menyediakan pengawalan buat kedua tim dan pengamanan semua lokasi yang berkaitan pertandingan seperti tempat menginap dan tempat jumpa pers.

3. Pada area stadion, area drop off/in kedatangan dan kepulangan tim pada saat latihan dan pertandingan sejak, sebelum, selama dan setelah kegiatan harus steril. 

4. Perlu dibuat kanalisasi, barikade pintu masuk penonton VIP/VVIP karena beririsan dengan area kedatangan tim.

5. PSSI tidak merekomendasikan pembangunan atau pembuatan tribune tambahan yang tidak menyatu dengan struktur bangunan stadion.

6. Terkait penonton, tidak diperkenankan untuk membawa tongkat dan spanduk ke dalam stadion.

7. Pihak panpel juga harus bisa menjamin bahwa tak akan ada penonton yang diperkenankan memasuki lapangan sejak, sebelum, selama dan sesudah pertandingan.