Liga Indonesia

Eksklusif, Pelatih Bali United Bicara Soal Ketajaman Striker Brasil di Indonesia

Rabu, 31 Juli 2019 15:20 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra saat jumpa pers. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra saat jumpa pers. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pesepak bola Brasil tak henti-hentinya mendominasi daftar pencetak gol terbanyak di kompetisi Indonesia. Musim ini, Shopee Liga 1 2019 diramaikan dengan kehadiran Ciro Henrique Alves dan Alex Dos Santos Goncalves.

Ciro dan Alex merupakan penyerang eks tim mapan Brasil, Fluminense. Ciro membela Fluminense pada 2011, sementara Alex 2010 hingga 2012. Keduanya pun baru pertama kali mencicipi atmosfer Liga Indonesia.

Ciro Alves membela Tira-Persikabo dan Alex Dos Santos berseragam Persela Lamongan. Memasuki pekan ke-11, keduanya menjadi pemuncak daftar pencetak gol terbanyak Shopee Liga 1 2019.

Alex dari 10 pertandingan sudah mencetak 10 gol, sementara Ciro membukukan sembilan gol dari 11 pertandingan. Keduanya pun mulai disorot tim-tim Liga 1 lain, termasuk pelatih Bali United, Stefano Cugurra.

Teco, sapaan akrab Stefano, menilai adaptasi menjadi kunci Ciro dan Alex tampil gemilang. Keduanya bisa beradaptasi dengan cepat, baik dari segi permainan, cuaca, dan makanan.

"Pemain Brasil bisa cepat beradaptasi di Indonesia, makanya mereka bisa langsung tampil bagus. Sementara pemain dari negara lain secara kualitas sebenarnya bagus, tapi adaptasinya lama," kata Teco kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Rabu (31/7/19).

Selain keduanya, ada pula Rafael Silva yang sudah mencetak enam gol untuk Barito Putera. Di putaran kedua nanti, terdapat tambahan satu penyerang Brasil, yakni David Da Silva, yang musim lalu mencetak 20 gol untuk Persebaya Surabaya.

"Semua sudah tahu kemampuan David seperti apa. Saya pikir Persebaya akan menjadi tim kuat dengan kembalinya David. Pasti putaran kedua lebih seru lagi persaingannya," ucap Teco.