Bola Internasional

Jebol Gawang Indonesia U-15, Striker Timor Leste Lakukan Selebrasi ‘Kontroversial’

Rabu, 31 Juli 2019 18:59 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Fox Sports Asia
Paulo Domingos Gali Da Costa dituduh melakukan pencurian umur di Piala AFF U-15 Copyright: © Fox Sports Asia
Paulo Domingos Gali Da Costa dituduh melakukan pencurian umur di Piala AFF U-15

INDOSPORT.COMPaulo Domingos Gali da Costa Freitas melakukan selebrasi ‘kontroversial’ usai menggagalkan kemenangan Timnas Indonesia U-15 di partai ketiga grup A Piala AFF U-15 2019 di IPE1 Stadium, Chonburi, Thailand, pada Rabu (31/7/19).

Bomber Timor Leste itu mencetak gol pada menit ke-56. Ia berhasil lepas dari jebakan offside dan berhasil memanfaatkan umpan lambung dari belakang. Saat berada dalam situasi satu lawan satu dengan kiper Indonesia, ia mampu menyundul bola terlebih dahulu dan membuat kedudukan menjadi 1-1.

Usai mencetak gol kelimanya di ajang Piala AFF U-15 2019 tersebut, Paulo melayangkan gestur menaruh jari telunjuknya di depan mulut ke arah tribun penonton. Ia seakan menyuruh para penonton untuk diam usai ia mempertunjukkan kemampuannya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Libero_idn (d/h @libero_id) (@libero_idn) on

Selebrasi tersebut kemungkinan besar berhubungan dengan rumor tak sedap mengenai isu pencurian umur. Dengan data situs Transfermarkt yang menunjukkan bahwa ia telah berusia 22 tahun, tudingan pemalsuan umur pun semakin kencang.

Sebelumnya, situs Vietnam yakni Soha mengemukakan bahwa Timor Leste diketahui mengganti tahun kelahirannya menjadi delapan tahun lebih muda sebelum laga melawan Malaysia di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022. Jauh sebelumnya, ia diketahui telah membela Timor Leste senior dalam ajang Piala AFF 2018.

Menanggapi rumor di atas, AFF diketahui akan menginvestigasi kasus ini dalam waktu dekat. Induk federasi sepak bola Asia Tenggara itu akan mengumumkan hasil pemeriksaan mereka secepatnya.