Bola Internasional

Lawan Timnas Indonesia U-15, Timor Leste Diperkuat Pemain 22 Tahun?

Rabu, 31 Juli 2019 10:56 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© MOHD RASFAN/AFP/Getty Images
Paulo Domingos Gali Da Costa (kiri) saat membela Timor Leste di Piala AFF 2018. Copyright: © MOHD RASFAN/AFP/Getty Images
Paulo Domingos Gali Da Costa (kiri) saat membela Timor Leste di Piala AFF 2018.

INDOSPORT.COM – Jelang pertandingan ketiga Piala AFF U-15 2019 antara Timnas Indonesia U-15 menghadapi Timor Leste U-15, ada temuan menarik di tim yang bakal dihadapi pasukan Garuda Muda tersebut.

Pada pertandingan terakhir menghadapi Myanmar pada Senin (29/07/19) lalu, di dalam line-up Timor Leste ada nama Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas. Penyerang bernomor 10 itu juga menjabat sebagai kapten tim Timor Leste U-15.

Meski tampil di ajang Piala AFF U-15, menariknya nama yang sama pernah terdaftar di dalam skuat Timnas Timor Leste senior yang berlaga di ajang Piala AFF tahun 2018 lalu.

Pada turnamen antar negara-negara Asia Tenggara tersebut, nama Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas terdaftar di skuat Timor Leste sebagai penyerang. Menariknya, saat itu Paulo Domungos tercatat di tim dengan usia 22 tahun.

Memiliki nama identik dan juga paras wajah yang nyaris serupa, indikasi pencurian umur di tim Timor Leste U-15 pun sempat menyeruak.

Setelah melakukan penelusuran, INDOSPORT menemukan beberapa fakta terkait pemain Timor Leste dengan nama Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas.

Berdasarkan data yang dihimpun dari laman Transfermarkt, pemain bernama Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas yang pertama memang saat ini tercatat berusia 22 tahun. Begitu juga dengan situs resmi AFF pada tahun 2018 lalu, saat memperkenalkan skuat Timor Leste. Di situ, nama Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas berumur 22 tahun.

Pemain kelahiran 31 Desember 1996 itu merupakan penggawa klub Sport Laulara e Benfica yang bermain di kompetisi Liga Amadora Timor Leste.

© AFF Suzuki
Paulo Domingos Gali Da Costa di situs AFF yang berumur 22 tahun. Copyright: AFF SuzukiPaulo Domingos Gali Da Costa di situs AFF yang berumur 22 tahun.

Namun di laman World Football, ditemukan juga pemain dengan nama Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas. Di laman tersebut, si pemain tercatat lahir di Dili, 31 Desember 2004.

Jika ditelisik, dua pemain tersebut hanya berbeda tahun kelahirannya saja. Sedangkan tanggal dan bulan lahir mereka berdua sama.

Hingga saat ini, pihak AFF belum memberikan keterangan terkait indikasi pencurian umur di tim Timor Leste U-15. Namun mereka dilaporkan sedang melakukan investigasi terkait hal tersebut.

Di luar itu, Timor Leste U-15 tengah bersiap menghadapi Indonesia U-15 di laga ketiga Piala AFF U-15 2019. Skuat Garuda Muda yang saat ini berada di peringkat kedua Grup A akan meladeni Timor Leste yang kini menjadi pemuncak klasemen.

Laga Timnas Indonesia U-15 menghadapi Timor Leste U-15 sesuai jadwal akan digelar di Stadion Chonburi, Rabu (31/07/19) mulai pukul 15.30 WIB.