Liga Indonesia

Menpora Sebut Berkas Naturalisasi Hilton Moreira Belum Sampai ke Mejanya

Rabu, 31 Juli 2019 20:40 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Pemain Sriwijaya FC, Hilton Moreira. Copyright: © Muhammad Effendi/INDOSPORT
Pemain Sriwijaya FC, Hilton Moreira.

INDOSPORT.COM - Pengajuan proses naturalisasi Hilton Moreira diakui Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi belum sampai kepada dirinya.

Kepada awak media pada kunjungannya melihat atlet Pelatnas Boling di Jakabaring Bowling Center, Rabu (31/07/19), Imam Nahrawi menjelaskan, jika untuk menjadi WNI memang butuh proses yang tidak sebentar. Butuh beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemain itu sendiri.

“Saya tidak tahu secara detail, tapi memang harus ada keterangan mengenai kewarganegaraan asalnya, kemauan pribadinya, usulan dari klubnya, dari PSSI-nya," jelas Imam.

"Tapi sampai saat ini, belum menerima itu di meja saya, berarti ini masih dalam proses kajian di institusi lain," ungkapnya. 

Untuk menjadi WNI memang ada prosedur yang harus dipenuhi dan melewati pemeriksaan. 

Sebut saja seperti Kementerian Hukum dan HAM, Kemenpora, DPR RI, belum lagi persetujuan Presiden.

Sebelumnya, Manajer Sriwijaya FC Hendri Zainuddin menjelaskan, jika proses naturalisasi memang berat tapi belum diputuskan ditolak. 

Lantaran itulah, manajemen tidak melarang sang pemain jika mencoba menjalin komunikasi dengan tim Liga 1, memgingat kasta tertinggi sepak bola Indonesia memperbolehkan tim mengunakan pemain asing.