Bola Internasional

Sebelum Kasus Freitas, Timor Leste Ternyata Pernah Memalsukan Dokumen 12 Pemain

Kamis, 1 Agustus 2019 21:04 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Fox Sports Asia
Paulo Domingos Gali Da Costa dituduh melakukan pencurian umur di Piala AFF U-15 Copyright: © Fox Sports Asia
Paulo Domingos Gali Da Costa dituduh melakukan pencurian umur di Piala AFF U-15

INDOSPORT.COM - Striker Timor Leste, Paulo Domingos Gali da Costa Freitas, tengah menjadi sorotan karena dugaan pencurian umur di ajang Piala AFF U-15 2019.

Timor Leste tampil mengejutkan di kompetisi Piala AFF U-15 setelah mampu mengalahkan Myanmar 3-1 dan Filipina 7-1 di dua laga awal. Timnas Indonesia pun harus bersusah payah untuk bisa menahan imbang mereka dengan skor 1-1.  

Namun, perjalanan Timor Leste tercoreng dengan kasus dugaan pencurian umur yang dilakukan terkait pemainnya Paulo Freitas. 

Ada sejumlah bukti yang menguatkan dugaan tersebut. Dua di antaranya adalah data di situs Transfermarkt dan unggahan Instagram pribadi Freitas. 

Pada unggahan instagram Freitas terdapat bukti yang memperlihatkan bahwa ia telah membela Timor Leste di level senior. Dalam sebuah unggahannya pada 18 Maret 2019, Freitas memajang momen kala bermain di Piala AFF 2018. 

Kasus pemalsuan dokumen pemain sangatlah dilarang di sepak bola. Timor Leste sendiri ternyata pernah dihukum karena kasus serupa. 

Pada 2017 lalu, sepak bola Timor Leste ternyata pernah mendapat sebuah hukuman yang terbilang parah dari Federasi Sepak Bola Asia (AFC) karena masalah pemalsuan dokumen pemain. Kasus tersebut bisa dibilang paling kelam dalam sejarah sepak bola Timor Leste.

Hukuman ini disebabkan adanya pemalsuan dokumen dari sejumlah pemain naturalisasi yang dilakukan Federasi Sepakbola Timor Leste (FFTL). Dalam penyelidikannya AFC, mereka menemukan fakta terdapat 12 pemalsuan dokumen pemain naturalisasinya.

Seluruh pemain yang dianggap memiliki data palsu oleh AFC adalah Ramon de Lima Saro, Paulo Helber Rosa Ribeiro, Diogo Santos Rangel, Rodrigo Sousa Silva, Patrick Fabiano Alves Nobrega Luz, Paulo Cesar da Silva Martins, Jairo Pinheiro Palmeira Net, Felipe Bertoldo do Santos, Junior, Aparecido Guimaro de Souza, Jaime Celestino Dias Braganca, Heberty Fernandes de Andrade, dan Thiago dos Santos Cunha.

Parahnya lagi, Timnas Timor Leste telah menggunakan para pemain ilegal ini sebanyak 29 pertandingan. Bahkan dalam satu pertandingan internasional setidaknya terindikasi ada lima pemain ilegal yang diturunkan Timor Leste.