Liga Italia

Incaran Terbaru AC Milan Ternyata Menyerupai Permainan Lionel Messi

Kamis, 1 Agustus 2019 20:31 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ninety Minutes Online
Berdasarkan data Driblab, Steven Bergwijn memiliki kemiripan permainan dengan Lionel Messi. Copyright: © Ninety Minutes Online
Berdasarkan data Driblab, Steven Bergwijn memiliki kemiripan permainan dengan Lionel Messi.

INDOSPORT.COM – Steven Bergwijn dikabarkan menjadi incaran terbaru AC Milan pada sisa bursa transfer musim panas ini. Gelandang serang asal Belanda ini rupanya memiliki gaya permainan yang mendekati megabintang Barcelona, Lionel Messi.

Pada Mei 2019 lalu, Driblab sebagai perusahaan analisis data sepak bola mengadakan penelitian untuk mencari sosok pemain yang menyerupai permainan Messi. Mereka mengambil sampel lebih dari 71 ribu pemain dari 2.300 tim di seluruh dunia.

Driblab kemudian mengkategorikan statistik lewat 10 atribut utama Messi. Atribut tersebut ialah partisipasi permainan, jumlah tembakan, tembakan akurat, gol per tembakan, expected goals, expected assist, sentuhan di kotak penalti lawan, umpan kunci, pressing, dan waktu kehilangan bola.

Dari data tersebut, nama Bergwijn muncul sebagai wonderkid yang paling menyerupai Messi dengan 89,6 persen kemiripan. Meski begitu, ia bukanlah yang terbaik. Gelandang milik klub PSV Eindhoven itu masih kalah dari sosok senior seperti Eden Hazard (92,7 persen) dan Sergio Aguero (91,1 persen).

Bergwijn sendiri tampil mengesankan pada musim 2018/19 lalu. Ia tercatat mencetak 15 gol dan 14 assist dari 44 pertandingan di semua kompetisi. Torehan itu merupakan yang terbaik sepanjang kariernya. Bukan tak mungkin, ia bakal lebih bersinar pada musim 2019/20 mendatang.

Sebenarnya, masih ada beberapa wonderkid lain yang mendekati rating Bergwijn. Mereka adalah Ianis Hagi, Malcom, dan Ousmane Dembele. Namun, nama pertama baru saja dibeli oleh klub juara Liga Belgia 2018/19, KRC Genk. Sedangkan, kedua nama terakhir dibanderol terlampau mahal dan dinilai mustahil bisa mendarat di San Siro.

Dengan data ini, AC Milan sebagai klub peminat berpeluang mendapatkan 'Messi'. Terlebih, direktur teknik Paolo Maldini sedang mencanangkan upaya revolusi tim berbasis pemain muda. Bergwijn sendiri saat ini baru menginjak usia 21 tahun.