Liga Indonesia

Dikalahkan Bali United, PSM Makassar: Sudah Jatuh, Tertimpa Tangga Pula

Jumat, 2 Agustus 2019 19:25 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Yohanes Ishak
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Sundulan Melvin Platje menjebol gawang PSM Makassar di Stadion Kapten I Wayan Dipta pekan Liga 1 ke-14. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Sundulan Melvin Platje menjebol gawang PSM Makassar di Stadion Kapten I Wayan Dipta pekan Liga 1 ke-14.

INDOSPORT.COM - Sudah jatuh, tertimpa tangga pula, peribahas tersebut sangat cocok menggambarkan nasib PSM Makassar setelah takluk 0-1 dari Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Kamis (1/8/19) malam, pada pekan ke-11 Shopee Liga 1 2019. Pada laga malam tadi, Juku Eja menerima beberapa kesialan.

Tidak hanya menerima kekalahan kedua sehingga memperparah rekor tandang musim ini, dari tiga laga tandang yang dilakoni, anak asuh Darije Kalezic takluk dua kali dan sisanya seri.

PSM Makassar pun stagnan di peringkat 10 klasemen sementara dengan 13 poin dari 7 laga, tertinggal 12 poin dari Bali United yang memuncaki klasemen dengan 25 poin dengan 11 laga yang telah dijalani.

Tidak hanya itu, dua pemain asing Juku Eja yakni Aaron Evans dan Eero Markkanen dihadiahi kartu merah langsung oleh wasit Musthofa Umarella pada laga tersebut. Evans dikartu merah pada menit 83 sedangkan Markkanen pada menit 90+3.

Keduanya dipastikan absen pada dua laga selanjutnya melawan Borneo FC dan Barito Putera. Sebuah kerugian yang sangat besar bagi PSM Makassar terutama kehilangan sosok Evans di jantung pertahanan.

Tidak sampai disitu, Darije Kalezic dan seluruh elemen Juku Eja juga tengah ketar-ketir saat ini hingga menjelang leg kedua Final Kratingdaeng Piala Indonesia melawan Persija Jakarta di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Selasa (6/8/19) mendatang.

© Official PSM Makassar
Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic. Copyright: Official PSM MakassarPelatih PSM Makassar, Darije Kalezic.

Ihwalnya, pada laga tadi, dua pemain penting mereka yakni sayap lincah M Rahmat dan bek sayap Asnawi Mangkualam ditarik keluar akibat cedera.

Bahkan keduanya tidak menyelesaikan babak pertama, dimana Rahmat ditarik keluar pada menit 32 sedangkan Asnawi diganti 10 menit berselang.

Tentunya, jika kedua pemain tersebut absen pada final nanti merupakan kerugian yang sangat besar bagi PSM Makassar.

Sebab dilain sisi, beberapa pilar Persija Jakarta yang sempat cedera seperti Andritany Ardhiyasa, Ramdani Lestaluhu, dan Rezaldi Hehanusa telah pulih.

Saat ini PSM Makassar berada diurutan ke-10 di klasemen sementara Shopee Liga 1 Indonesia 2019 dengan torehan 13 poin dari 7 pertandingan, sedangkan Bali United berada diurutan kedua dengan raihan 25 poin dari 11 laga.