In-depth

Kilas Balik Hubungan Harmonis The Jakmania dan Aremania

Sabtu, 3 Agustus 2019 14:10 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Jakmania dan Aremania merupakan dua suporter klub sepak bola Indonesia yang dikenal memiliki hubungan harmonis. Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Jakmania dan Aremania merupakan dua suporter klub sepak bola Indonesia yang dikenal memiliki hubungan harmonis.

INDOSPORT.COM – Rivalitas suporter dari dua klub sepak bola sudah menjadi hal yang biasa, bahkan tak jarang terjadi perselisihan dari kedua golongan yang berujung pada benturan fisik hingga kehilangan nyawa.

Namun, rivalitas yang sesungguhnya dapat disaksikan dari pertemuan antara Persija Jakarta dan Arema FC, di mana terdapat dua golongan suporter fanatik yang justru saling merangkul satu sama lain, baik di dalam stadion maupun di luar kompetisi.

The Jakmania dan Aremania adalah salah satu contoh terbaik bagaimana sebaiknya suporter bersikap. Kedewasaan kedua kelompok suporter ini patut untuk diapresiasi, sebab bukan lagi menunjukkan konflik, The Jakmania dan Aremania justru menampilkan kekompakan saat berada dalam satu tribun.

Seperti misalnya pada pertemuan Singo Edan dan tim Ibukota di Stadion Kanjuruhan, putaran kedua Liga 1 musim 2018 lalu, di mana animo masyarakat Malang untuk menyaksikan laga pamungkas tersebut sangat tinggi, bahkan suporter meluber hingga ke tepi lapangan jelang kick off pertandingan.

Meski laga harus berakhir imbang 1-1 untuk kedua tim, namun baik Arema FC dan Persija Jakarta kembali dengan kondisi baik usai laga, dan suporter pun tetap menjaga kedamaian meski mencetak rekor sebagai laga dengan penonton terbanyak di Kanjuruhan sepanjang sejarah, yakni 44.912 penonton,

Membuka kilas balik hubungan romantis antara Aremania dan The Jakmania, diduga hal tersebut berawal dari Divisi Utama Liga Indonesia tahun 2000, di mana kedua tim sama-sama melaju ke babak delapan besar dan bersua di Stadion Gelora Bung Karno.

Saat itu kedua suporter sama-sama membuat chant yang memuat pesan perdamaian sebagai berikut:

“Satukan jiwa, satukan rasa, damai di hati kita bersaudara. Damai-damai saudaraku, jabat erat penuh kasih sayang.”

Kini, guna menyambut Aremania di Stadion Gelora Bung Karno dalam laga lanjutan Liga 1 2019, The Jakmania dan panitia pelaksana sepakat untuk menyediakan jatah sekitar empat ribu kursi untuk saudara dari Jawa Timur itu, sekaligus bekerja sama untuk menjaga kondisi stadion tetap kondusif.

Persija Jakarta akan menjamu Arema FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (03/08/19) sore. Kedua tim sama-sama ingin meraih poin penuh dengan ambisi yang berbeda. Macan Kemayoran jelas ingin keluar dari zona degradasi, sementara skuat besutan Milomir Seslija justru ingin mengkudeta posisi teratas klasemen sementara.