Liga Indonesia

Ramai Mati Lampu, 4 Tragedi Stadion Alami Listrik Padam di Liga 1

Minggu, 4 Agustus 2019 15:15 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Foto Suasana Stadion GBT ketika lampu padam. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Foto Suasana Stadion GBT ketika lampu padam.

INDOSPORT.COM - Saat ini tengah ramai mati lampu se-Jabodetabek dan ternyata ada empat tragedi serupa di dunia olahraga tepatnya kala stadion yang listriknya padam sepanjang Liga 1 bergulir.

Menjelang pukul 12.00 WIB, Minggu (04/08/19) listrik se-Jabodetabek tiba-tiba padam. Masyarakat pun mengalami banyak kendala dalam melakukan aktivitas.

Hal tersebut pun langsung mendapat respons dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Pihaknya menjelaskan kalau adanya gangguan di pembangkit listrik.

Meski begitu PLN dengan sigap untuk melakukan penormalan kembali. Sejumlah gardu juga telah berhasil dinyalakan.

Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka pun menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat yang terkena dampak dari gangguan ini.

Terkait hal ini, pada kenyataannya listrik padam juga pernah terjadi dalam sebuah pertandingan sepak bola nasional di stadion dalam ajang Liga 1 tiga musim terakhir.

Lampu stadion tiba-tiba padam ditengah pertandingan dan membuat jalannya laga sempat terganggu. Beruntung, lampu kembali bisa dinyalakan dan laga bisa diteruskan.

Lantas stadion mana dan di pertandingan apa kala lampu venue laga sempat padam? Simak penjabaran berikut.

1. PS TNI vs Mitra Kukar

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kiper PS TNI, Teguh Amiruddin (tengah) melanggar pergerakan pemain Mitra Kukar, Anindito Wahyu di kotak terlarang. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTKiper PS TNI, Teguh Amiruddin (tengah) melanggar pergerakan pemain Mitra Kukar, Anindito Wahyu di kotak terlarang.

Listrik sempat padam ketika laga pekan ke-9 Liga 1 2017 yang mempertemukan PS TNI (kini TIRA-Persikabo) vs Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Jumat (02/06/17).

Tingginya tensi permainan sempat mereda ketika menit ke-24 tiba-tiba listrik stadion padam. Laga pun terhenti selama 10 menit lamanya.

Kembali bisa menyala, lalu listrik mengalami padam total. Usai listrik hidup, laga bisa berjalan lagi dan berakhir dengan skor 5-3 untuk tuan rumah Mitra Kukar.

Pelatih PS TNI kala itu, Ivan Kolev menyayangkan masalah ini. Sebab, anak asuhnya jadi hilang fokus yang berujung kekalahan.

2. Persipura Jayapura vs Persela Lamongan

© Twitter@PerselaFC
Loris Arnaud (kanan) dan Abdoulaye Maiga. Copyright: Twitter@PerselaFCLoris Arnaud (kanan) dan Abdoulaye Maiga.

Lalu hal serupa juga dialami pada laga Persipura vs Persela di Stadion Mandala, Papua dalam ajang Liga 1 2017, Jumat (06/10/17) silam.

Hal itu terjadi menjelang babak kedua digulirkan, pasca sempat terhenti akibat hujan deras. Pertandingan Persipura vs Persela pun terhenti hampir satu jam.

Usai kembali menyala, pertandingan pun bisa dilanjutkan. Partai Persipura vs Persela pun berakhir dengan skor 2-1 kala itu.

3. PSIS Semarang vs Sriwijaya FC

© Twitter@indosiarID
Laga PSIS Semarang vs Sriwijaya FC alami mati lampu stadion. Copyright: Twitter@indosiarIDLaga PSIS Semarang vs Sriwijaya FC alami mati lampu stadion.

Kemudian pada laga PSIS Semarang vs Sriwijaya FC di Stadion Moch Soebroto, Magelang dalam lanjutan Liga 1 2018 juga pernah mengalami padam ilstrik.

Mati lampu terjadi pada menit ke-47 yang membuat wasit Praseto Hadi menghentikan pertandingan sampai lampu stadion bisa menyala kembali.

Akhirnya setelah sekitar lima menit, lampu stadion kembali menyala sehingga pertandingan dapat dilanjutkan. Namun tak lama berselang kembali padam.

Hidup-nyala lampu stadion terjadi sebanyak tiga kali. Laga ini sempat kembali digulirkan dan berakhir 1-0 untuk tuan rumah PSIS.

4. Persebaya Surabaya vs TIRA-Persikabo

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pemain Persebaya, Rendi Irwan mencari celah keluar dari kawalan pemain Tira Persikabo, Minggu (21/07/19). Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTPemain Persebaya, Rendi Irwan mencari celah keluar dari kawalan pemain Tira Persikabo, Minggu (21/07/19). Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT

Terakhir ada pertandingan Persebaya vs TIRA-Persikabo yang juga sempat mengalami padam listrik di Stadion Gelora Bung Tomo dalam lanjutan Liga 1 2019.

Padamnya lampu stadion terjadi pada menit ke-68. Usai menunggu lama, listrik kembali bisa hidup dan pertandingan pun bisa dihelat lagi.

Partai Persebaya vs TIRA-Persikabo pun berakhir imbang 1-1. Sebelum laga ini, Stadion GBT juga pernah mengalami hal serupa kala Persebaya menjamu Queens Park Rangers 2012 lalu.