Bola Internasional

Dapat Lampu Hijau dari AFF, ‘Pemain 22 Tahun’ Timor Leste Tetap Diizinkan Bermain di Piala AFF U-15 2019

Minggu, 4 Agustus 2019 16:59 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Konfederasi Sepak Bola ASEAN (AFF) akhirnya mengeluarkan keputusan resmi terkait indikasi pemalsuan umur yang dilakukan oleh Timnas Timor Leste U-15 di ajang Piala AFF U-15 2019.

Dalam rilis resmi yang dikeluarkan pada Minggu (4/08/19), AFF melalui Komite Disiplin dan Etik memutuskan menolak protes yang disampaikan oleh dua negara peserta Piala AFF U-15 2019, yakni Myanmar dan Singapura, terkait salah satu pemain Timor Leste U-15 yang terindikasi pemalsuan umur.

“Komite Ad Hoc Kedisiplinan dan Etika memutuskan bahwa protes yang diajukan oleh Myanmar dan Singapura tidak berdasar sehingga dihentikan. Pemain bernama Paulo D. G. Da C. Freitas (jersey nomor 10) dari Timor Leste dianggap memenuhi syarat untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan AFF U-15 2019 sesuai dengan Pasal 5.1 Peraturan Turnamen AFF U-15,” bunyi keputusan resmi AFF.

AFF berdalih, mereka telah melakukan penyelidikan menyeluruh dengan memeriksa dokumen serta laporan medis terhadap salah satu pemain Timnas Timor Leste U-15, yakni Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas.

Dengan keputusan resmi yang dikeluarkan oleh AFF, maka Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas dipastikan tetap bisa memperkuat Timor Leste hingga akhir turnamen.

Sebelumnya, nama Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas sempat menghebohkan gelaran Piala AFF U-15 2019 yang saat ini tengah diselenggarakan di Thailand.

Akibat memiliki nama dan paras yang sangat identik dengan salah satu pemain Timor Leste senior yang berlaga di ajang Piala AFF tahun 2018 lalu, kapten Timnas Timor Leste U-15 itu diduga telah melakukan pemalsuan umur. Pemain yang akrab disapa Gally Freitas itu disebut-sebut telah berusia 22 tahun saat kejuaraan Piala AFF U-15 2019 berlangsung.

Terlepas dari dugaan pemalsuan umur yang melibatkan dirinya, Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas dan Timor Leste memang menjadi fenomena tersendiri di turnamen Piala AFF U-15 2019.

Tampil di ajang Piala AFF U-15 2019 bukan sebagai tim unggulan, Timor Leste nyatanya mampu menunjukkan penampilan garang. Mereka menguasai klasemen sementara Grup A dengan koleksi 10 poin hasil dari tiga kali menang dan sekali meraih hasil imbang.