Liga Indonesia

Kembangkan Sepak Bola Usia Muda, PSS Sleman Jalin Kerjasama dengan LaLiga Spanyol

Senin, 5 Agustus 2019 19:51 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ervan Tria/INDOSPORT
CEO PSS Sleman Viola Kurniawati ketika menghadiri diskusi sepak bola dengan LaLiga Spanyol di Universitas Negeri Yogyakarta, Senin (5/08/19). Copyright: © Ervan Tria/INDOSPORT
CEO PSS Sleman Viola Kurniawati ketika menghadiri diskusi sepak bola dengan LaLiga Spanyol di Universitas Negeri Yogyakarta, Senin (5/08/19).

INDOSPORT.COM – PSS Sleman menjadi salah satu klub sepak bola Indonesia yang sangat memperhatikan perkembangan pemain muda. Guna melahirkan bibit-bibit muda Tanah Air, mereka pun menjalin kerjasama dengan LaLiga Spanyol.

Rencana kerjasama antara PSS Sleman dengan pihak LaLiga Spanyol itu dituangkan dalam diskusi sepak bola bertajuk LaLiga Talks: Pengembangan Sepak Bola di Indonesia yang diselenggarakan di Ruang Sidang Utama, Fakulitas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Senin (5/08/19) siang.

Dalam cara tersebut, CEO PSS Sleman, Viola Kurniawati, mengungkapkan bahwa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki potensi sepak bola yang sangat besar. Terlebih, DIY punya banyak klub yang aktif di kompetisi nasional serta memiliki antusiasme suporter yang luar biasa.

Oleh sebab itu, sepak bola DIY harus dikelola dengan baik dan benar, termasuk di dalamnya pengembangan pemain usia muda.

“Di DIY, setiap kabupaten dan kota memiliki klub sepak bola yang aktif berkompetisi. Kami ingin menciptakan partner strategis dalam pengembangan sepak bola,” ucap Viola.

LaLiga Spanyol dipilih karena kompetisi Negeri Matador itu sudah terbukti sebagai salah satu kompetisi sepak bola terbaik di dunia. Baik secara prestasi maupun pengelolaannya.

© Ervan Tria/INDOSPORT
Perwakilan LaLiga Spanyol, Rodrigo Gallego, dengan CEO PSS Sleman Viola Kurniawati bersama Asprov PSSI DIY. Copyright: Ervan Tria/INDOSPORTPerwakilan LaLiga Spanyol, Rodrigo Gallego, dengan CEO PSS Sleman Viola Kurniawati bersama Asprov PSSI DIY.

“LaLiga tertarik dengan potensi sepak bola yang ada di sini, khususnya Sleman. Apalagi, Spanyol adalah salah satu produsen pemain sepak bola terbaik di dunia,” imbuhnya.

Bentuk kerjasama antara PSS Sleman dengan LaLiga Spanyol nantinya akan menyentuh sektor akademi sepak bola yang dimiliki klub penghuni Stadion Maguwoharjo tersebut.

Saat ini, PSS Sleman memiliki tiga tim usia muda berdasarkan kelompok umur, yakni tim U-16, U-18, dan U-20. Ketiga tim tersebut mengikuti kompetisi resmi di bawah naungan PSSI.

“Akademi PSS akan bersinergi dengan LaLiga dalam perkembangan bisnis dan sepak bola,” kata Viola.

PSS Sleman berharap, dengan kerjasama tersebut nantinya akan ada talenta-talenta muda asal Sleman yang bisa menembus sepak bola internasional, termasuk bermain di kompetisi LaLiga Spanyol.