Liga Indonesia

Jika Melatih di Tahun 2007, Robert Rene Albert Sudah Dipecat oleh Persib

Senin, 5 Agustus 2019 21:01 WIB
Editor: Juni Adi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts tiba di Stadion GBK untuk hadir dalam jumpa pers jelang lawan Persija Jakarta, Selasa (09/06/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Persib, Robert Rene Alberts tiba di Stadion GBK untuk hadir dalam jumpa pers jelang lawan Persija Jakarta, Selasa (09/06/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Awan kelam yang menyelimuti Persib Bandung di kompetisi Liga 1 2019 rupanya belum mau beranjak hingga pekan ke-12 ini. Bagaimana tidak, dalam tiga laga terakhirnya mereka selalu merasakan kekalahan.

Rentetan hasil negatif itu dialami Persib Bandung dimulai ketika mereka kalah dari Bali United di pekan ke-11. Bermain di Stadion Si Jalak Harupat, tuan ruamh takluk dengan skor 0-2 pada Jumat (26/07/19).

Kekalahan kembali dialami Persib saat menjalani laga tunda pekan ke-4 di markas Arema FC. Dalam laga yang dihelat di Stadion Kanjuruhan itu, Pangeran Biru dibantai 1-5 pada Selasa (30/07/19).

Terkini, Persib kalah di pekan ke-12 dari Barito Putera dengan skor 0-1 saat melakoni laga tandang ke Stadion 17 Mei pada Minggu (06/08/19) kemarin.

Tiga pertandingan tanpa memperoleh satupun poin membuat posisi Persib tertahan di papan tengah klasemen. Saat ini, mereka berada di posisi ke-11 dengan perolehan 13 poin hasil dari 3 kali menang, 4 kali imbang dan 5 kali kalah.

Kalah Beruntun Bisa Dipecat

Meski menuai rapor merah, posisi Robert Rene Alberts sebagai pelatih utama Persib dipastikan masih aman. Hal itu disampaikan oleh manajer tim, Umuh Muchtar.

"Posisi pelatih aman. Jangan terus menyalahkan pelatih dan pemain kalau kalah. Hasil ini memang tidak memuaskan, tapi masalah ini harus diselesaikan tanpa menyalahkan siapapun," kata Umuh.

Namun, keputusan berbeda bisa saja diterima oleh Robert andai ia menjadi pelatih Persib di tahun 2007 seperti yang dialami oleh Arcan Iurie.

Kala itu pelatih asal Modova tersebut gagal mengangkat performa Persib, dan mengalami kekalahan tiga kali beruntun di Liga Indonesia musim 2007 lalu.

Puncaknya, ketika Eka Ramdani dan kolega dikalahkan oleh Sriwijaya FC dengan skor 0-1 di Stadion Siliwangi pada 27 November 2007.

Usai kekalahan itu, Iurie pun disebut-sebut sudah tidak menjadi bagian dari Persib. Meski manajemen belum mengumumkannya kepada publik, namun kabar tersebut pada akhirnya bocor juga.

Mantan pelatih Persija Jakarta itu tampak frustasi, ketika pewarta Galamedianews menyambangi kediamannya di kawasan elite Batununggal Indah, Bandung sehari setelah pertandingan melawan SFC.

"Dari mana kamu tahu rumah saya," ucapnya kala itu dengan ekspresi kaget.

Saat itu, Iurie belum mau terbuka kalau ia sudah tak melatih Persib. Di hari yang sama dalam kesempatan yang berbeda, Ketua Harian Persib, Edi Siswadi menyampaikan Arcan Iurie dalam posisi terancam pemecatan, sebagai konsekuensi dari kegagalannya mengangkat performa tim.

Kini, Persib Bandung tengah fokus memperbaiki performa mereka, guna meraih kemenangan di laga tandang melawan Persela Lamongan di pekan ke-13 Liga 1 2019 di Stadion Surajaya pada Kamis (08/08/19) nanti.