Bola Internasional

Jadi Rival Timnas U-18 di Piala AFF, Timor Leste ‘Dibantu’ Pelatih Berprestasi Asal Indonesia

Senin, 5 Agustus 2019 13:40 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Indra Citra Sena
© tribunnews.com
Bendera Timor Leste Copyright: © tribunnews.com
Bendera Timor Leste

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-18 akan memulai kiprah di Piala AFF U-18 2019 melawan Filipina di Di An Football Field, Vietnam, pada Selasa (6/8/19) besok sore.

Indonesia U-18 tergabung di Grup A bersama Myanmar, Filipina, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste. Dua tim terbaik nantinya akan lolos ke semifinal.

Timor Leste sebagai salah satu lawan timnas U-18 di fase grup ternyata ditangani oleh pelatih asal Indonesia, yakni Andi Susanto.

Andi Susanto mengusung target besar di Piala AFF U-18 2019 bersama Timor Leste. Ia bahkan ingin mengalahkan Indonesia U-18 di laga kedua setelah menghadapi Brunei Darussalam.

“Menghadapi Brunei kami harus dapat mengamankan tiga poin. Begitu seterusnya,” kata pelatih Timor Leste U-18, Andi Susanto, Sabtu (3/8/19).

“Setelah itu di laga kedua kami akan menghadapi Indonesia, negara saya sendiri. Kami juga harus memastikan dapat kemenangan atas Indonesia," cetusnya.

Andi Susanto dikenal sebagai mantan pelatih Sriwijaya FC U-21. Pada 2013, ia sukses membawa timnya meraih gelar juara.

Setelah sukses di Indonesia, Andi Susanto malang melintang di sepak bola Timor Leste. Dibandingkan Rahmad Darmawan, Djajang Nurdjaman, dan Widodo C. Putro, nama Andi Susanto memang kalah pamor.

Akan tetapi, Andi Susanto termasuk pelatih asal Indonesia yang berprestasi di luar negeri. Ia pernah membawa tim Atletico Ultramar FC meraih double winner.

Andi Susanto juga sukses mengantarkan klub asal Brasil, Bangu Atletico Clube, yang berkiprah di kasta keempat Liga Brasil meraih gelar juara turnamen BTV International Football Tournament di Vietnam pada 2015.