Liga Indonesia

3 Legiun Asing yang Bisa Terdepak di Paruh Musim Liga 1 2019

Minggu, 4 Agustus 2019 18:26 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Steven Paulle kejar bola dari kaki pemain Shan United. Foto Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Steven Paulle kejar bola dari kaki pemain Shan United. Foto Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Tampaknya ada tiga legiun asing yang bisa saja terdepak dari klub Liga 1 2019 di paruh musim mendatang. Lantas siapa saja mereka?

Liga 1 2019 memang baru memasuki pekan ke-12 dan enam minggu berselang akan memasuki putaran kedua. Namun gejolak bursa transfer sudah panas sejak awal.

Seperti yang dilakukan Persebaya. Klub berjuluk Green Force ini sudah mendatangkan striker asal Brasil David da Silva yang bakal didaftarkan paruh kedua.

Perekrutan tersebut menjadi berkah untuk Persebaya yang memang membutuhkan juru gedor. Selain itu bek Otavio Dutra pun telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (dinaturalisasi).

Lalu ada Madura United yang sudah mendatangkan gelandang Diego Assis (Brasil) dan Jacob Pepper (Australia). Nama terakhir dikabarkan untuk menggantikan peran Zah Rahan yang cedera.

© Agil Mubarok/Indosport
Logo Klub Liga 1 2019 Copyright: Agil Mubarok/IndosportLogo Klub Liga 1 2019.

Menjelang paruh musim ini sudah mulai terlihat pemain-pemain, termasuk legiun asing, yang tampaknya bakal didepak usai evaluasi manajemen klub.

Sebab paruh kedua akan begitu penting untuk para kontestan finis di urutan terbaik dalam daftar klasemen akhir Liga 1 2019.

Evaluasi dari manajemen tentu saja membuat para legiun asing yang minim kontribusi ataupun tak bisa menunjukkan performa terbaik semakin was-was akan didepak.

1. Steven Paulle

© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Steven Paulle berada di koridor Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Ia menantikan dua sahabatnya di PSM Makassar, yakni Willjan Pluim dan Marc Klok selesai menggelar official training. Copyright: Adriyan Adirizky/INDOSPORTSteven Paulle berada di koridor Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Ia menantikan dua sahabatnya di PSM Makassar, yakni Willjan Pluim dan Marc Klok selesai menggelar official training.

Bek asal Prancis milik Persija Jakarta Steven Paulle dirumorkan bakal segera didepak di paruh musim Liga 1 2019 lantaran memiliki cedera kambuhan.

Steven Paulle yang menderita cedera paha belum kunjung pulih dan telah tujuh laga absen memperkuat Persija di Liga 1 2019.

Cedera tersebut membuat kedalaman skuat Persija semakin minim. Pasalnya, Persija hanya memiliki Ryuji Utomo dan Maman Abdurrahman saja di pos bek tengah.

Isyarat bakal mendepak Paulle ketika paruh musim diutarakan langsung oleh Chief Executive Officer (CEO) Persija, Ferry Paulus.

"Pelatih masih menunggu kesembuhan Paulle. Kalau cederanya kambuhan, mungkin kami bakal cari pengganti," ujar Ferry di Jakarta, Rabu (24/07/19).

2. Pavel Smolyachenko

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Gelandang baru Arema FC, Pavel Smolyachenko. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTGelandang baru Arema FC, Pavel Smolyachenko.

Kemudian ada gelandang berpaspor Uzbekistan Pavel Smolyachenko yang dirumorkan bakal dilepas Arema FC pada paruh musim Liga 1 2019 ini.

Pavel Smolyachenko direkrut sejak awal musim dan diharapkan bisa nyetel dengan gaya bermain pelatih Milomir Seslija. Akan tetapi kenyataannya berkata lain.

Pavel Smolyachenko masih kesulitan untuk menembus skuat utama Arema FC. Dia baru diturunkan sejak menit awal ketika melawan Madura United di pekan ke-9.

Sejauh ini Pavel baru mengemas empat penampilan bersama Arema FC di Liga 1 2019. Dia kesulitan menggeser double pivot Jayus Hariono dan Hendro Siswanto.

Dengan begitu teka-teki Pavel akan dilepas pada paruh musim semakin kuat. Terlebih mana mungkin sebuah klub menggaji legiun asing yang tak menjadi pilihan utama pelatih.

3. Eero Markkanen

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Eero Markkanen duel dengan beberapa pemain Lao Toyota Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTEero Markkanen duel dengan beberapa pemain Lao Toyota.

Terakhir ada striker yang lahir di Finlandia Eero Markkanen dan bermain di PSM Makassar kala mengarungi Liga 1 2019. Dia mendapat sorotan khusus kali ini.

Tampil menjanjikan di awal kedatangannya dengan catatan masing-masing 5 gol di Piala AFC dan Piala Indonesia, kini Markkanen menunjukkan performa yang menurun drastis dan terancam didepak.

Pelatih PSM Darije Kalezic menilai kalau Markkanen memiliki masalah dengan berat badannya dan juga adaptasi bermain di sepak bola Indonesia.

"Ada yang cepat beradaptasi, ada juga yang membutuhkan lawan, dan ada juga yang tidak bisa beradaptasi sama sekali," jelas Kalezic di Makassar, Sabtu (03/08/19).

Apalagi Kalezic lebih menyukai penyerang dengan tipe yang memiliki kecepatan. Sebab Ferdinan Sinaga, Guy Junior, dan Zulham Zamrun malah sering jadi andalan.

Jika Markkanen benar-benar dilepas, maka PSM selalu saja gagal mendatangkan penyerang asing berkualitas sejak Liga 1 2017 lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
33%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%