Liga Indonesia

2 Legenda Persebaya Datang Sebagai Lawan, Begini Bonek Menyambutnya

Sabtu, 3 Agustus 2019 16:52 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Fitra Herdian/Indosport.com
Bonek membawa jersey bernomor 19, nomor yang dikenakan Eri Irianto. Rabu (3/4/19). Copyright: © Fitra Herdian/Indosport.com
Bonek membawa jersey bernomor 19, nomor yang dikenakan Eri Irianto. Rabu (3/4/19).

INDOSPORT.COM - Suporter Persebaya Surabaya Bonek memiliki cara tersendiri dalam menyambut kedatangan 2 legenda Bajol Ijo meski sebagai lawan.

Bonek memang dikenal dengan suporter yang begitu militan dalam mendukung Persebaya. Hal tersebut sudah dilakukan sejak era Perserikatan dulu.

Bonek juga tengah berbenah ke arah yang lebih baik untuk saat ini demi menghilangkan citra buruk mereka di masa lalu.

Seperti aksi lempar boneka untuk anak-anak penderita kanker Indonesia yang pernah mereka lakukan. Aksi tersebut turut membuat decak kagum masyarakat.

Meski begitu tak jarang Bonek juga kerap menyampaikan kritip terhadap klub pujaan mereka, yakni Persebaya. Hal tersebut merupakan bukti kecintaan Bonek untuk Green Force.

Namun ada hal menarik lainnya yang kerap luput dari pengamatan penggemar sepak bola. Dimana Bonek kerap memberikan sambutan hangat terhadap legenda atau mantan Persebaya kala datang sebagai musuh.

© Twitter@@irwanjpsportivo
Skuat Persebaya Surabaya 1997 Copyright: Twitter@@irwanjpsportivoSkuat Persebaya Surabaya 1997.

Seperti yang pernah dialami oleh gelandang Barito Putera Evan Dimas Darmono dan winger Madura United Andik Vermansah, yang sempat dibuat nangis kala menyanyikan lagu Song For Pride.

Selain itu ada dua legenda yang kini berprofesi sebagai pelatih kenamaan Indonesia, yakni Jacksen F. Tiago dan Aji Santoso. Sebab keduanya pernah bermain untuk Persebaya.

Dari pada berlama-lama mari melihat bagaimana Bonek menyambut kedua pelatih kawakan di Liga Indonesia ini kala mereka datang sebagai lawan Persebaya.

1. Aji Santoso

© INDOSPORT/Ghozi El Fitra
Pelatih Arema FC, Aji Santoso saat memberikan instruksi. Copyright: INDOSPORT/Ghozi El FitraPelatih Aji Santoso saat memberikan instruksi.

Pada laga Persebaya vs Persela di Liga 1 2018 lalu, tepatnya awal Agustus, dimana partai ini berakhir dengan skor 3-1, ada sebuah momen menarik.

Pasalnya mantan pelatih Persela Aji Santoso diajak oleh dirigen Bonek Cak Tessy untuk mendatangi tribune yang dihuni oleh militan Bonek.

Aji Santoso pun tak ragu untuk menyapa para Bonek. Bahkan Bonek turut memberikan nyanyian sambutan kepada mantan pemain dan pelatih Persebaya ini.

"Selamat datang Aji Santoso di Surabaya," bunyi nyanyian Bonek kepada pria 49 tahun ini.

Sambutan tersebut pun membuat Aji Santoso menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya lantaran jasanya masih dikenang dengna baik oleh Bonek.

"Terima kasih banyak, saudara-saudara kita dari Lamongan telah disambut dengan baik," tutur Aji Santoso.

Seperti diketahui Aji Santoso pernah membela Persebaya pada 1995-1999. Lalu dirinya juga pernah menukangi Persebaya pada 2009 sebagai pelatih.

2. Jacksen F Tiago

© YouTube/SPECIALS ID35
Pelatih Persipura Jacksen F Tiago (kiri), anaknya Hugo Samir (tengah), dan kapten Persebaya Ruben Sanadi (kanan). Copyright: YouTube/SPECIALS ID35Pelatih Persipura Jacksen F Tiago (kiri), anaknya Hugo Samir (tengah), dan kapten Persebaya Ruben Sanadi (kanan).

Kemudian ada legenda kenamaan Persebaya, yakni Jacksen F Tiago yang juga pernah mendapatkan sambutan begitu hangat dari Bonek di Stadion Gelora BUng Tomo (GBT).

Hal tersebut terjadi kala Persebaya vs Barito Putera di Liga 1 2018. Saat itu menjadi pertemuan perdana Jacksen dengan Persebaya di kasta teratas sepak bola nasional.

Pasca laga yang berakhir 1-2 untuk Laskar Antasari, Jacksen F Tiago pun tanpa ragu mendatangi tribune Bonek. Pelatih asal Brasil ini juga menyampaikan pesan pada Bonek.

"Banyak terima kasih banyak atas sambutannya. Semoga Persebaya tetap berjaya. Jangan sampai Persebaya kembali ke masa suram pada 8 tahun lalu," ujar Jacksen kepada Bonek.

Lalu pada edisi kedua datang ke Stadion GBT kala Persebaya vs Persipura yang berakhir 1-0, Jacksen F Tiago juga disambut dengan hangat oleh Bonek.

Bahkan kali ini Jacksen F Tiago diajak untuk mendengarkan lagu Song For Pride di tengah lapangan bersama ofisial dan pemain Persebaya.

Jacksen F Tiago pun juga mendatangi tribune suporter Persipura dan Persebaya guna mengucapkan rasa terima kasih atas dukungannya selama ini.

Kendati demikian, bisa saja pada pertandingan-pertandingan berikutnya ada legenda Persebaya yang juga mendapatkan sambutan hangat dari Bonek kala mengunjungi Stadion GBT sebagai lawan.