Liga Indonesia

Milomir Seslija: Hamka Hamzah Adalah Sergio Ramos-nya Arema FC

Senin, 5 Agustus 2019 09:20 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/Indosport.com
Kapten Tim Arema FC, Hamka Hamzah. Copyright: © Ian Setiawan/Indosport.com
Kapten Tim Arema FC, Hamka Hamzah.

INDOSPORT.COM - Pelatih Milomir Seslija tak tanggung-tanggung lagi dalam menggambarkan sosok Hamka Hamzah dengan menyebutnya sebagai Sergio Ramos-nya Arema FC. di Shopee Liga 1 2019.

Cukup berlebihan, tapi pelatih Arema FC itu sudah tidak mampu lagi menjelaskan sosok kapten timnya dengan kata-kata lain. Mirip Sergio Ramos, Hamka Hamzah juga mulai dikenal publik sepak bola Indonesia pada medio 2000-an.

Penggambaran dua bek yang berbeda jalan kariernya itu tak lepas dari karakteristik Hamka Hamzah. Bagi Milo, sapaan akrab Milomir Seslija, sosok Sergio Ramos yang kini menjadi pemimpin Real Madrid mewakili pujiannya kepada sang kapten Arema FC. 

Menyandang ban kapten, baik Hamka maupun Sergio Ramos sama-sama punya jiwa kepemimpinan yang hebat. Bahkan secara permainan pun, Milo menilai kapten berusia 35 tahun tersebut sangat lugas seperti Sergio Ramos.

"Hamka pemain yang fantastis. Dia tidak pernah ragu untuk berduel bola. Hamka layaknya Sergio Ramos di Arema FC," beber juru taktik berkebangsaan Bosnia-Herzegovina tersebut.

Bagaimana pun juga, cerita kebangkitan Arema FC yang sempat terpuruk di Liga 1 musim ini memang tidak lepas dari peran Hamka Hamzah. Duet paten Arthur Cunha berpengaruh besar pada performa Singo Edan sejauh ini.

Sempat terseok-seok dengan sepasang kekalahan di awal musim, Arema FC perlahan mulai bangkit. Misi merengkuh juara paruh musim Shopee Liga 1 2019 pun semakin membuncah mengingat posisi mereka konsisten di empat besar klasemen dengan perolehan 19 poin.