Liga Indonesia

Hasil Pertandingan Kratingdaeng Piala Indonesia PSM vs Persija: Juku Eja Juara

Selasa, 6 Agustus 2019 17:28 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Media Persija
Marko Simic tengah mengekekusi bola ke arah gawang PSM Makassar di laga final Piala Indonesia 2019. Copyright: © Media Persija
Marko Simic tengah mengekekusi bola ke arah gawang PSM Makassar di laga final Piala Indonesia 2019.

INDOSPORT.COM - PSM Makassar menjamu Persija Jakarta, Selasa (06/08/19). Berikut hasil pertandingan PSM Makassar vs Persija Jakarta. 

Final leg kedua turnamen sepak bola Kratingdaeng Piala Indonesia 2019, berlangsung hari ini Selasa (06/08/19) pukul 15.30 WIB di Stadion Andi Mattalatta, Makassar.

Laga ini menjadi puncak dari perhelatan Kratingdaeng Piala Indonesia 2019. Persija Jakarta saat ini masih unggul 1-0 dalam agregat.

Di babak pertama, PSM Makassar berhasil unggul 1-0 lewat sundulan Aaron Evans dan membuat agregat menjadi 1-1. Di babak kedua, Zulham Zamrun berhasil menggandakan keunggulan PSM Makassar. 

PSM Makassar berhasil menjuarai Kratingdaeng Piala Indonesia 2019 dengan agregat 2-1 atas Persija Jakarta. 

Babak Pertama

PSM Makassar langsung melancarkan serangan ke daerah pertahanan Persija Jakarta ketika pertandingan dimulai. Serangan dari PSM Makassar pun membuahkan sepak pojok. 

Dari sepak pojok inilah, PSM Makassar berhasil mencetak gol dan unggul 1-0. Sepak pojok disambut oleh Aaron Evans dengan sundulannya. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Libero_idn (Live Updates) (@libero_idn) on

Memasuki menit ke-8, PSM Makassar mendapat tendangan bebas. Tendangan bebas kembali diteruskan dengan sundulan namun kali ini Andritany dengan mudah menangkapnya. 

M.Rahmat melepaskan tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-11 dan bisa ditepis oleh Andritany, bola muntah kembali ditendang ke arah gawang dan bisa ditangkap. 

Persija Jakarta mencoba balas menyerang dan juga mendapat tendangan bebas namun masih melambung tinggi di atas gawang. 

PSM Makassar kemudian terus melancarkan serangan dan mendapat peluang emas pada menit ke-20 namun Andritany dengan gemilang menggagalkannya. 

Peluang bagus dari Persija Jakarta hadir pada menit ke-23. Marko Simic mendapat umpan matang, namun sundulannya masih melebar di samping gawang PSM Makassar. 

Menit ke-27 Persija Jakarta mendapat tendangan bebas setelah pelanggaran keras dari Asnawi Mangkualam. Namun tendangan bebas gagal dimanfaatkan menjadi gol. 

Persija Jakarta harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-32 setelah Sandi Sute mendapatkan kartu kuning kedua. 

Menit ke-43, Persija Jakarta mendapat tendangan bebas yang dieksekusi Ismed Sofyan, namun Rivky Mokodompit berhasil meninjunya keluar. 

Ferdinand Sinaga nyaris saja membobol gawang Persija Jakarta pada masa injury time. Berhasil melewati Ismed Sofyan, tendangan dari Ferdinand Sinaga menghantam bagian luar jaring gawang Persija Jakarta. 

Babak Kedua

PSM Makassar tak butuh banyak waktu untuk mencetak gol kedua di pertandingan ini. Zulham Zamrun menaklukkan Andritanya Ardhiyasa dengan sundulannya pada menit ke-49. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Libero_idn (Live Updates) (@libero_idn) on

Menit ke-58, M.Rahmat kembali mencoba peruntungan dengan tendangan dari luar kotak penalti namun masih gagal menemui sasaran. 

Sejumlah pelanggaran terjadi yang dilakukan oleh kedua tim membuat laga beberapa kali berhenti karena pemain harus mendapat perawatan. 

Memasuki menit 70-an, Persija Jakarta gantian mengurung pertahanan PSM Makassar. Bambang Pamungkas melepaskan tendangan keras pada menit ke-77 yang membentur pemain PSM. 

Sepak pojok gagal dimanfaatkan namun Persija Jakarta kembali nyaris mencetak gol saat Ramdani Lestaluhu menusuk ke kotak penalti, tetapi Rivky Mokodompit keluar dari sarangnya. 

Menit ke-85, Persija Jakarta lagi-lagi mendapat peluang namun sundulan Marko Simic bisa ditepis oleh Rivky Mokodompit. 

Sedangkan menit ke-87, Ferdinand Sinaga yang lolos dari jebakan offside gagal mencetak gol padahal tinggal berhadapan dengan Andritany. 

5 menit masa injury time yang diberikan oleh wasit gagal dimanfaatkan oleh Persija Jakarta untuk mencetak gol. PSM Makassar menang 2-0 dan 2-1 secara agregat. 

PSM Makassar berhasil menjadi juara Kratingdaeng Piala Indonesia 2019 dan menjadi wakil Indonesia di Piala AFC 2020. 

Susunan Pemain 

Berikut susunan pemain pertandingan PSM Makassar vs Persija Jakarta:

PSM Makassar (4-3-3)

Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam, Aaron Evans, Abdul Rahman, Benny Wahyudi; Rizky Pellu, Willem Jan Pluim, Arfan; Ferdinand Sinaga, Guy Junior, Rahmat

Pelatih: Darije Kalezic 

Persija Jakarta (4-3-3)

Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Tony Sucipto, Rezaldi Hehanusa; Rohit Chand, Sandi Sute, Bruno Matos; Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri Setiawan

Pelatih: Julio Banuelos

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%