Bola Internasional

Ada Eks Incaran Barcelona, 3 Faktor Ini Bisa Buat Timor Leste Jungkalkan Indonesia U-18

Kamis, 8 Agustus 2019 10:15 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Indra Citra Sena
© rideralam.com
Pemain Timor Leste, Kornelis Nahak Portela. Foto: rideralam.com Copyright: © rideralam.com
Pemain Timor Leste, Kornelis Nahak Portela. Foto: rideralam.com

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-18 sepertinya wajib berhati-hati saat menghadapi Timor Leste di ajang Piala AFF U-18 2019 sore nanti. Timor Leste punya beberapa faktor yang bisa saja menjungkalkan Skuat Garuda.

Perjuangan timnas Indonesia U-18 di ajang Piala AFF U-18 2019 akan kembali berlanjut pada Kamis (8/8/19) hari ini. Mulai pukul 18.30 WIB nanti, Bagus Kahfi dkk. bakal melakoni laga kedua Grup A kontra Timor Leste.

Menjelang laga, Indonesia U-18 memang sedang diberkahi mental bertanding yang apik. Maklum saja, pada laga pembuka Grup A pasukan asuhan Fakhri Husaini baru saja meraup kemenangan supertelak 7-1 atas Filipina.

Bermodal hasil apik tersebut, timnas Indonesia U-18 tentu bisa lebih optimis untuk menatap laga kontra Timor Leste. Apalagi, Timor Leste selama ini terkenal sebagai negara yang cukup lemah di kancah sepak bola.

Meski demikian, bukan berarti Indonesia U-18 bisa tenang-tenang saja dalam melakoni laga kontra Timor Leste. Jika ditelaah lebih jauh, Timor Leste tetap punya beberapa faktor yang bisa menjungkalkan Timnas Indonesia U-18.

Lalu, apa saja faktor-faktor yang dimaksudkan tersebut? INDOSPORT akan coba mengulasnya ke dalam rangkuman singkat berikut ini.

Punya Pemain Incaran Barcelona

© @Business Timor
Pemain Timor Leste, Kornelis Nahak Portela. Copyright: @Business TimorPemain Timor Leste, Kornelis Nahak Portela.

Timor Leste selama ini memang terkenal dengan reputasi sebagai negara lemah di ajang sepak bola. Rangking FIFA mereka saja paling bagus hanya bisa menempati urutan 214, itu pun terjadi pada 2015 alias empat tahun lalu.

Meski demikian, bukan berarti Timor Leste tak punya pemain berkualitas, apalagi dalam laga sore nanti kontra Timnas Indonesia U-18. Mereka sepertinya bakal bertumpu pada seorang pemain yang pernah menjadi incaran Barcelona, Kornelis Nahak Portela.

Sosok Kornelis Nahak Portela jadi salah satu pemain muda Timor Leste yang cukup berprestasi. Buktinya, pada 2013, klub top Spanyol, Malaga, tak ragu untuk merekrut Kornelis Nahak Portela.

Kiprah Kornelis Nahak Portela di Malaga pun cukup apik. Pada 2016/17, ia mampu mencetak delapan gol dari 18 laga. Penampilan apiknya itu disebutkan oleh media lokal Spanyol membuat klub besar seperti Barcelona dan Atletico Madrid kepincut untuk memboyongnya.

Patut dinanti bagaimana kiprah Kornelis Nahak Portela dalam laga kontra Timnas Indonesia U-18 nanti? Apakah Kornelis Nahak Portela benar bisa membuktikan kualitasnya sebagai pemain incaran Barcelona dengan menjungkalkan Timnas Indonesia U-18?


Hasil Apik di Laga Perdana

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-18 vs Timor Leste U-18 di Piala AFF U-19. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTTimnas Indonesia U-18 vs Timor Leste U-18 di Piala AFF U-19.

Timnas Indonesia U-18 punya modal apik jelang laga kontra Timor Leste. Skuat Garuda pada laga perdana fase Grup A berhasil menang besar 7-1 atas Filipina.

Namun, modal apik ternyata tak hanya dimiliki oleh Timnas Indonesia U-18 saja. Timor Leste juga memiliki modal serupa, lantaran turut meraih kemenangan besar di laga perdana.

Ya, Timor Leste pada laga perdana mampu menang telak 7-2 atas Brunei Darussalam. Berkat kemenangan ini, Timor Leste diyakini punya mental bertanding yang bagus untuk menghadapi Timnas Indonesia U-18.


Andalkan Pelatih Indonesia

© INDOSPORT
Andi Santoso, mantan pelatih Sriwijaya FC U-21 yang kini menangani Timnas Timor Leste U-18 di Piala AFF U-18 2019 Copyright: INDOSPORTAndi Santoso, mantan pelatih Sriwijaya FC U-21 yang kini menangani Timnas Timor Leste U-18 di Piala AFF U-18 2019

Timor Leste dalam laga sore nanti punya sebuah kartu ampuh untuk jungkalkan Timnas Indonesia U-18. Bagaimana tidak, Timor Leste di ajang Piala AFF U-18 2019 dilatih oleh seorang juru taktik asal Indonesia, Andi Santoso.

Sosok Andi Santoso sudah sangat mengenal betul bagaimana atmosfer sepak bola Indonesia. Bahkan pada tahun 2016 lalu, nama Andi Santos pernah masuk ke dalam kandidat pelatih Timnas Indonesia U-19.

Pengetahuan Andi Santoso soal kancah sepak bola Indonesia ini jelas menguntungkan Timor Leste. Mungkin saja, Andi Santoso sudah punya sebuah strategi khusus untuk mengatasi perlawanan Timnas U-18