Liga Indonesia

Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023, China Seleksi 20 Kota Penyelenggara

Kamis, 8 Agustus 2019 14:20 WIB
Editor: Indra Citra Sena
© LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Logo Konfederasi Sepak bola Asia (AFC). Copyright: © LILLIAN SUWANRUMPHA/AFP/Getty Images
Logo Konfederasi Sepak bola Asia (AFC).

INDOSPORT.COM - China telah ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Asia 2023, Juni lalu. Panitia turnamen mulai menyeleksi 20 kota yang telah mengajukan diri sebagai penyelenggara turnamen sepak bola terakbar seantero Asia.

Sebanyak 20 kota telah mengajukan diri sebagai tempat penylenggaraan, antara lain Beijing, Shanghai, Guangzhou, dan Dalian. Tim penilai akan mendatangi dan menginspeksi kota-kota yang berpeluang terpilih sebagai penyelenggara sepanjang Agustus hingga September.

Seperti yang dilansir dari Antara, tedapat beberapa kriteria yang telah ditetapkan pihak panitia, seperti profesionalitas stadion, pengembangan bola remaja, beberapa indikator pengembangan sepak bola, dan pembangunan keseluruhan kota-kota itu.

Sesuai dengan instruksi Asosiasi Sepak Bola China (CFA), kota-kota yang berprospek diwajibkan membangun pusat pengembangan sepak bola remaja hingga akhir 2021.

Beberapa indikator pengembangan sepak bola meliputi pengembangan di semua tingkatan, mulai dari kemampuan organisasi persepakbolaan, hingga berpengalaman dalam menyelenggarakan pertandingan-pertandingan internasional.

Kemudian, tim penilai akan memilih kota-kota kandidat berdasarkan hasil evaluasi atas kondisi di lapangan dan rencana pengembangan secara menyeluruh di China.

Terakhir kali China menjadi tuan rumah kejuaraan Piala Asia adalah pada edisi 2004 alias 15 tahun silam. Mereka mampu menembus final turnamen meski akhirnya harus mengakui keunggulan Jepang sekaligus merelakan trofi juara.

PENULIS: Rafika Amalia