Bola Internasional

Gara-gara Jersey Rooney, Derby County Jadi Sorotan PSSI-nya Inggris

Jumat, 9 Agustus 2019 13:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Derby County mendapat perhatian serius dari Federasi Sepak Bola (FA) Inggris karena diduga melanggar peraturan, setelah memperkenalkan Wayne Rooney dengan jersey bernomor 32.

Dilansir dari laman Sun Sport, FA Inggris akan menindak tegas apabila Derby County diketahui melanggar aturan peletakan nama sponsor di jersey pemain sepak bola yang telah ditetapkan.

Menurut peraturan tersebut, setiap klub hanya boleh memberikan satu area tidak lebih dari 100 sentimeter persegi di bagian belakang jersey kepada sponsor mana pun.

Sementara, ikatan kerja sama sponsor antara Derby County dengan perusahaan kasino yang berkedok agensi periklanan, 32Reds, baru-baru ini disinyalir melanggar aturan tersebut.

Keputusan FA Inggris hanya akan berlaku apabila jersey tersebut diumumkan secara publik. Artinya, Wayne Rooney kemungkinan akan terlibat setelah diketahui akan mengenakan nomor 32 di Derby County.

Sebagaimana diketahui, Rooney baru saja menandatangani kontrak dengan Derby County sebagai pemain dan pelatih selama 18 bulan ditambah opsi perpanjangan.

Mantan pemain Timnas Inggris berusia 33 tahun itu bahkan memilih sendiri nomor 32 di antara sejumlah nomor yang ditawarkan Derby County, seperti 7, 12, 13, 15, dan 18.

Alasannya, memakai nomor 32 tersebut karena nantinya perusahaan 32Reds akan membiayai upah bintang DC United itu sebesar 90 ribu pounds atau setara Rp1,5 miliar per pekannya.

Namun, pemilihan nomor tersebut menuai kritikan dari para penggemar dan pengamat sepak bola. Pasalnya, mereka menganggap Rooney hanyalah pelicin agar klub kasta kedua Liga Inggris itu mendapatkan kucuran dana dari sponsor kaya mereka. 

Terkait dengan nomor kontroversial tersebut, Rooney mengaku tidak memasalahkannya. "Sejujurnya, nomor yang saya kenakan tidak jadi masalah. Yang penting datang dan membantu tim, nomor tidak begitu penting apapun itu," ucapnya.

Sementara itu, pimpinan Derby County, Mel Morris, menegaskan bahwa mereka tidak bisa menolak kesempatan emas dari sponsor yang ingin membantu mengembangkan klub secara finansial.

Rooney baru akan begabung dengan klub yang pernah dirumorkan dengan Bambang Pamungkas itu pada Januari 2020. Saat ini, Rooney masih berstatus sebagai pemain klub Major League Soccer (MLS), DC United.