Liga Indonesia

Resmi Dibuka, NKRI Football Festival 2019 Sasar Sepak Bola Usia Dini

Jumat, 9 Agustus 2019 14:20 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Maskot Arema FC ikut dalam parade pembukaan festival. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Maskot Arema FC ikut dalam parade pembukaan festival.

INDOSPORT.COM - Respons positif ditunjukkan publik sepak bola di Malang Raya dalam acara NKRI Football Festival yang digelar oleh Kodim 0833 Kota Malang bersama Arema FC, Jumat (9/8/19).

Sekitar 1.000 anak-anak berbakat dari sejumlah SSB di Malang tampak antusias menyambut NKRI Football Festival. Kegiatan yang bertepatan dengan HUT Republik Indonesia ke-74 sekaligus HUT Arema FC ke-32 tahun itu resmi dibuka hingga berpuncak pada Minggu (11/8/19).

"NKRI? Harga Mati!" teriak Komandan Distrik Militer (Dandim) Kota Malang, Tommy Anderson, saat membuka NKRI Football Festival 2019 di Lapangan Rampal Kota Malang.

"Terima kasih atas kehadirannya. Mari mengejar berprestasi melalui sepak bola dan jaga selalu sportivitas," sambung Dandim berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) Infantri tersebut.

Perwakilan sejumlah pelaku sepak bola di Malang turut hadir dalam acara pembukaan NKRI Football Festival pagi tadi, antara lain CEO Arema FC, Agoes Soerjanto, Sudarmaji (media officer), hingga Agil Munawar dan Ikhfanul Alam dari kalangan pemain.

Dari pemerintah pusat dan daerah turut hadir Sofyan Edi Jarwoko (Wakil Wali Kota Malang) beserta jajaran PSSI seperti Gusti Randa (anggota Exco) dan Joko Susilo (asisten pelatih timnas Indonesia).

"Sepak bola adalah olahraga yang digemari 80 persen masyarakat Indonesia. Meski kerap melancarkan kritik karena kering prestasi, tapi kalian jangan pernah surut mengejar cita-cita di sepak bola," cetus Gusti Randa dalam pidatonya.

Festival sepak bola yang digelar secara kolaborasi itu meliputi empat kategori usia. Sebanyak 24 tim turun untuk usia di bawah 10 tahun, 20 tim berlaga di U-11 dan U-12, serta 10 tim di U-13.

Secara total, sebanyak 1.136 pemain dari berbagai SSB sesuai kelompok umur mengikuti NKRI Football Festival 2019. Semuanya adalah siswa SD maupun SMP yang berasal dari penjuru Malang Raya.