Bursa Transfer

Siapa Paling Untung dan Buntung di Bursa Transfer Liga Primer Inggris 2019/20?

Jumat, 9 Agustus 2019 11:27 WIB
Editor: Coro Mountana
© INDOSPORT
Logo Liga Primer Inggris Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Primer Inggris

INDOSPORT.COM – Bursa transfer Liga Primer Inggris musim 2019/20 telah ditutup, klub mana yang paling untung dan buntung?

Dalam bursa transfer kali ini tersimpan suatu fakta menarik yaitu dari 20 tim, hanya ada 3 klub yang meraih keuntungan. Profit di sini maksudnya adalah jumlah uang dari hasil penjualan pemain lebih besar dari pembeliannya.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, tercatat hanya ada 3 tim yang meraih keuntungan yaitu Liverpool, Chelsea, dan Crystal Palace. Tapi di antara tiga tim itu, Chelsea ternyata menjadi klub yang mencatatkan keuntungan tertinggi.

Tak kurang sekitar 83,35 juta euro atau sekitar 1,3 triliun rupiah menjadi nominal keuntungan yang didapatkan Chelsea. Hal itu tak lepas dari penjualan Eden Hazard sebesar 100 juta euro yang menjadi sumber utama keuntungan Chelsea.

Sedangkan pembelian termahal hanya Mateo Kovacic dari Real Madrid sebesar 45 juta euro. Hanya itu saja pembelian Chelsea setelah The Blues memang dihukum dalam melakukan aktivitas di bursa transfer kali ini.

Jika Chelsea menjadi tim yang berhasil meraih keuntungan tertinggi, lantas siapa yang paling buntung alias merugi? Bukan Manchester City, Manchester United, Arsenal, atau Tottenham Hotspur, ternyata tim itu adalah klub promosi, Aston Villa.

Tercatat, Aston Villa membeli belasan pemain yang nilai total 148,6 juat euro (2,3 triliun rupiah). Nominal itu sekaligus menjadi nilai kerugian karena tidak ada penjualan pemain dari Aston Villa yang menghasilkan uang.