Liga Indonesia

3 Kader Pelatih Amerika Latin yang Dapat Bangkitkan PSIS di Liga 1 2019

Sabtu, 10 Agustus 2019 16:52 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© lahora.cl
Pelatih asal Chile Simon Elissetche bisa menjadi pilihan PSIS Semarang di sisa kompetisi Shopee Liga 1 2019. Copyright: © lahora.cl
Pelatih asal Chile Simon Elissetche bisa menjadi pilihan PSIS Semarang di sisa kompetisi Shopee Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Setidaknya ada 3 kader pelatih asal Amerika Latin yang diprediksi dapat bangkitkan kiprah PSIS Semarang di ajang Liga 1 2019.

PSIS baru saja memberhentikan kepala pelatih Jafri Sastra, Kamis (08/08/19) lalu. Pasalnya performa Laskar Mahesa Jenar tak berkembang di musim ini.

Lebih parahnya lagi, PSIS menderita kekalahan tiga kali beruntun. Hal itu yang membuat manajemen klub yang berdiri pada 18 Mei 1932 ini ambil sikap.

Saat ini manajemen PSIS pun tengah mencari kader juru skema yang pas untuk mengisi kekosongan kursi kepelatihan pasca ditinggal Jafri Sastra.

"Intinya kami terus melakukan komunikasi untuk menentukan pelatih baru yang bisa membawa kebangkitan untuk PSIS, bisa lokal bisa asing," ujar General Manager Wahyu Winarto kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Jumat (09/08/19).

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pelatih PSIS, Jafri Sastra memberikan arahan dalam latihan resmi PSIS di Lapangan Yayasan Terang Bangsa, Semarang Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTPelatih PSIS, Jafri Sastra memberikan arahan dalam latihan resmi PSIS di Lapangan Yayasan Terang Bangsa, Semarang

Sementara itu Komisaris PSIS Khairul Anwar juga membenarkan kalau saat ini klub tengah bergerak cepat untuk mencari pelatih yang pas.

"Kami akan segera umumkan kalau sudah deal, misal kesepakatan besok, ya besok kami akan segera umumkan," kata Khairul kepada pewarta secara terpisah, Kamis (08/08/19).

Untuk sementara waktu kursi kepelatihan PSIS diisi oleh asisten Widiyantoro, Diretur Akademi Muhammad Ridwan, dan Direktur Teknik Bambang Nurdiansyah.

Namun teka-teki siapa pelatih yang bakal menukangi PSIS masih belum jelas. Akan tetapi tak ada salahnya PSIS menoleh ke beberapa kader pelatih asal Amerika Latin untuk direkrut.

1. Wanderley da Silva

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih anyar Persipura Jayapura, Wanderley Junior. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTMantan pelatih Persipura Jayapura, Wanderley da Silva.

Pelatih asal Amerika Latin yang bisa dilihat oleh PSIS ialah Wanderley da Silva. Juru taktik kelahiran Brasil ini sempat berkecimpung di Liga Indonesia sejak 2003.

Dengan begitu setidaknya, Wanderley da Silva bisa dengan mudah untuk melatih PSIS pada masa transisi seperti ini. Lantaran sudah paham dengan sepak bola Indonesia.

Prestasi yang begitu mentereng pernah didapatnya ketika menjadi pelatih ialah ketika menangani Persipura di Liga 1 2017. Wanderley sukses membawa Mutiara Hitam finis diurutan kelima dengan 60 poin.

2. Osvaldo Lessa

© Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura, Osvaldo Lessa Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTEks pelatih Persipura Jayapura, Osvaldo Lessa.

Berikutnya ada Osvaldo Lessa yang merupakan pelatih asal Amerika Latin yang bisa dilirik oleh PSIS kala mengarungi sisa laga putaran pertama Liga 1 2019.

Pelatih kelahiran Brasil ini sudah lama berkecimpung di dunia sepak bola Indonesia, tepatnya sejak 2009 (pelatih fisik Persipura). Jadi, Osvaldo sudah mengerti karakter pemain-pemain Indonesia.

Meski tak begitu mulus kala menukangi Sriwijaya FC dan Persipura Jayapura, tetapi Osvaldo bisa menjadi pembeda dalam masa transisi yang dihadapi PSIS.

3. Simon Elissetche

© RRI
Mantan pelatih Aceh United asal Chile Simon Elissetche. Copyright: RRIMantan pelatih Aceh United asal Chile Simon Elissetche.

Pelatih asal Amerika Latin terakhir yang bisa diboyong PSIS Semarang untuk menghadapi sisa pertandingan Liga 1 2019 putaran pertama ialah Simon Elissetche.

Juru taktik berpaspor Chile ini mungkin terdengar asing di dunia sepak bola teratas Indonesia. Akan tetapi Simon sudah berkecimpung di Liga Indonesia sejak 2012.

Pada 2018 lalu, Simon dipercaya menukangi Aceh United (kini Babel United) sejak awal musim. Dirinya sukses membawa Aceh United, kala itu, finis diurutan ketiga wilayah barat Liga 2 2018.

Meski demikian soal pelatih baru PSIS Semarang untuk sisa laga di Liga 1 2019, alangkah baiknya ditunggu saja pengumuman resminya.