Liga Inggris

3 Wonderkid Manchester United yang Siap Gebrak Skuat Utama Ole Gunnar Solskjaer

Sabtu, 10 Agustus 2019 16:12 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© James Worsfold/Getty Images
Mason Greenwood, wonderkid Manchester United yang dijagokan bakal bersinar musim ini. Copyright: © James Worsfold/Getty Images
Mason Greenwood, wonderkid Manchester United yang dijagokan bakal bersinar musim ini.

INDOSPORT.COM – Manchester United menghabiskan lebih dari 300 juta euro (Rp4,8 triliun) untuk mendatangkan tiga pemain baru di jendela transfer musim panas ini. Namun di balik keglamoran transfer itu, ada deretan pemain muda asli didikan akademi yang siap menggebrak skuat utama Setan Merah.

Tiga pemain muda jebolan akademi Manchester United yang diyakini akan mampu unjuk gigi musim ini adalah Mason Greenwood, Axel Tuanzebe, dan Tahith Chong. Ketiganya sudah mendapat kepercayaan dari Ole Gunnar Solskjaer selama pramusim.

Nama Mason Greenwood menjadi pemain muda yang paling dijagokan bakal bersinar bersama Manchester United musim ini. Penyerang belia berusia 17 tahun itu sudah menunjukkan bakat besarnya ketika dibawa Solskjaer mengikuti tur pramusim Setan Merah.

Greenwood mencuri perhatian setelah ia mencetak satu gol ke gawang Leeds United dan satu gol lagi ke gawang Inter Milan. Potensi sang pemain bahkan mendapat pengakuan langsung dari Solskjaer.

Manajer asal Skotlandia itu mengatakan bahwa Mason Greenwood mengingatkannya pada sosok legendaris Setan Merah, Ryan Giggs. Dengan djualnya Romelu Lukaku ke Inter Milan, Greenwood punya peluang untuk menghiasi lini depan Manchester United musim ini.

Selain Greenwood, youngster milik Manchester United yang siap mencuri satu tempat di tim utama musim ini adalah bek muda Axel Tuanzebe. Bek berdarah Republik Demokratik Kongo itu sejatinya sudah dipromosikan ke tim utama sejak musim 2015/16 lalu.

© Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Bek muda Manchester United, Axel Tuanzebe. Copyright: Matthew Ashton - AMA/Getty ImagesBek muda Manchester United, Axel Tuanzebe.

Meski begitu, Tuanzebe tak langsung mendapat tempat di skuat utama Manchester United. Dalam dua musim terakhir, pemuda berusia 21 tahun itu menghabiskan masa pinjaman di Aston Villa.

Dengan performa meyakinkan selama pramusim, Solskjaer berani menggaransi bahwa Tuanzebe punya masa depan di Manchester United. Namun, ia harus bekerja keras karena lini belakang Setan Merah sudah dihuni pemain-pemain beken macam Chris Smalling, Phil Jones, Victor Lindelof, hingga muka baru Harry Maguire.

Nama wonderkid terakhir yang diprediksi bakal bersinar bersama Solskjaer adalah Tahith Chong. Pemuda kelahiran Curacao itu didatangkan Manchester United dari Feyenoord pada tahun 2016 lalu.

Sempat mengalami cedera ligamen yang cukup parah, Chong kembali menemukan permainan terbaiknya bersama skuat muda Setan Merah pada tahun 2018 lalu.

Musim kemarin, Chong dipercaya Solskjaer turun di beberapa laga kompetitif. Salah satunya adalah laga dramatis menghadapi Paris Saint-Germain dalam pertandingan leg kedua babak perdelapanfinal Liga Champions.

Pada laga yang dimenangi Manchester United dengan skor 3-1 tersebut, Chong masuk pada menit ke-80 menggantikan Marcus Rashford. Dengan pengalaman bermain di laga-laga penting, Chong siap bersaing di skuat utama Manchester United musim ini.