Liga Indonesia

Dilepas PSIS Semarang, 3 Klub Liga Indonesia Bisa Rekrut Jafri Sastra

Sabtu, 10 Agustus 2019 18:48 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Jafri Sastra memberikan arahan dalam latihan resmi PSIS di Lapangan Yayasan Terang Bangsa, Semarang. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Jafri Sastra memberikan arahan dalam latihan resmi PSIS di Lapangan Yayasan Terang Bangsa, Semarang.

INDOSPORT.COM - Pelatih Jafri Sastra tampaknya dapat direkrut oleh salah satu dari tiga klub Liga Indonesia usai dilepas PSIS Semarang pada pertengahan Shopee Liga 1 2019.

Jafri Sastra dibebastugaskan lantaran dalam tiga laga terakhir kalah beruntun. Maka dari itu manajemen PSIS dengan sigap mengambil tindakan.

"Kami dari manajemen memutuskan memberhentikan Pak Jafri Sastra, kami juga mengucapkan terima kasih," ujar Komisaris Utama PSIS Khairul Anwar kepada pewarta, Kamis (08/08/19).

Sementara itu Jafri Sastra mengaku ikhlas atas keputusan yang dilakukan manajemen PSIS. Dia pun berterima kasih kepada jajaran PSIS atas kerja sama selama ini.

"Ini merupakan konsekuensi saya sebagai pelatih profesional, dengan itu saya juga menerima," ucap Jafri saat dihubungi INDOSPORT secara terpisah, Kamis (08/08/19).

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pelatih PSIS Semarang, Jafri Sastra. (Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT) Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTPelatih PSIS Semarang, Jafri Sastra. (Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT)

Dengan begitu Jafri Sastra untuk sementara waktu menganggur. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para konetestan lain yang ingin mendapatkan jasa sang pelatih.

Setidaknya ada tiga klub yang tampaknya bisa mendatangkan Jafri Sastra dalam waktu dekat. Siapa saja kira-kira?

1. PSGC Ciamis

© psgc.co.id
Logo PSGC Ciamis. Copyright: psgc.co.idLogo PSGC Ciamis.

Kontestan Liga 2 2019 PSGC Ciamis menjadi salah satu kandidat yang bisa memakai servis pelatih Jafri Sastra pasca dilepas PSIS Semarang.

PSGC Ciamis saat ini tak memiliki pelatih pasca Herrie 'Jose' Setyawan mengundurkan diri lantaran tak bisa mengangkat performa klub yang baru promosi ini.

Beberapa nama seperti Wandeley da Silva, Putut Wijanarko, Zaenal Abidin, hingga Purwanto dikabarkan telah menaruh proposal ke PSGC.

Namun, PSGC tampaknya bisa melirik Jafri Sastra untuk menjadi nahkoda baru di sisa putaran kedua nanti mengingat PSIS pernah mampu diangkat performanya oleh Jafri Sastra di sisa laga Liga 2 2018.

2. Persis Solo

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Logo Persis Solo. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTLogo Persis Solo.

Kemudian, ada peserta Liga 2 2019 Persis Solo yang juga bisa mendapatkan jasa juru taktik kawakan Jafri Sastra untuk menghadapi putaran kedua nanti.

Manajemen Persis masih memilah nama-nama pelatih yang pas nantinya untuk menukangi klub pasca Agus Yuwono mengundurkan diri pada 14 Juli lalu.

Sederet nama macam Syafrianto Rusli sampai Javier Rocca digadang-gadang menjadi kandidat kuat pelatih baru Persis Solo dalam waktu dekat.

Akan tetapi, Persis bisa menimbang untuk memboyong Jafri Sastra. Bila terealisasi, Jafri bisa mengikuti jejak eks pelatih klub Liga 1 yang menyebrang ke Liga 2 macam Widodo C. Putro hingga Aji Santoso.

3. Semen Padang

© INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Logo Semen Padang. Copyright: INDOSPORT/Yooan Rizky SyahputraLogo Semen Padang.

Terakhir, ada Semen Padang yang tampaknya bisa mengambil keuntungan dalam merekrut eks juru taktik PSIS Semarang di Liga 1 2019 ini.

Bahkan, para suporter Kabau Sirah melayangkan tuntutan kepada manajemen untuk bisa merekrut Jafri Sastra secepatnya dengan mengutarakannya di kolom komentar akun media sosial Instagram resmi klub.

Jafri Sastra sendiri bukanlah orang asing di Semen Padang. Pria kelahiran kota Payakumbuh ini merupakan putra daerah yang pernah menorehkan catatan manis ketika dirinya dipercayai menjadi pelatih Kabau Sirah tahun 2012 hingga 2015.

Catatan terbaik Jafri Sastra kala menukangi Kabau Sirah ialah lolos ke babak delapan besar AFC Cup musim 2012/13, dan menjuarai Liga Primer Indonesia di musim yang sama.