Liga Indonesia

Abu Rizal Maulana Selalu Sempatkan Pulang Kampung untuk Berlebaran Iduladha

Minggu, 11 Agustus 2019 10:10 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pemain Persebaya, Abu Rizal (putih) menggiring bola (Fitra Herdian/INDOSPORT). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pemain Persebaya, Abu Rizal (putih) menggiring bola (Fitra Herdian/INDOSPORT).

INDOSPORT.COM - Pemain Persebaya Surabaya, Abu Rizal Maulana atau yang akrab disapa Rodeg, selalu menyempatkan untuk pulang kampung ke Sampang, Madura untuk merayakan Iduladha sekaligus menyembelih hewan kurban.

Bagi seorang Rodeg, 'mudik' saat hari raya Iduladha memang sebuah keharusan. Pasalnya dalam tradisi di masyarakat Madura sendiri sudah ada dan biasanya disebut dengan "Toron".

"Saya langsung pulang setelah pertandingan lawan Madura United, (Sabtu, 10/8/19) kemarin. Saya langsung balik ke Madura," katanya pada Minggu (11/08/19).

Rodeg Toron tak sendirian, dia membawa serta istrinya untuk berlebaran di sana.

Uniknya selama dirinya membela Persebaya Surabaya, belum pernah sekalipun Rodeg tidak pulang kampung setiap kali Iduladha berlangsung.

"Saat Idulfitri kemarin juga saya pasti pulang kampung," sambungnya.

Selama di Madura sendiri, Rodeg sudah mempersiapkan beberapa acara yang bakal dia habiskan bersama dengan keluarga besarnya.

"Saya ada tradisi dengan keluarga saya, salah satunya berkurban hewan ternak," ungkapnya.

Adapun Toron yang dilakukan Rodeg tidak lama. Dia berencana untuk menghabiskan waktu selama satu sampai dua hari saja. Setelah itu dirinya kembali lagi bergabung ke Persebaya untuk latihan rutin kembali.