Liga Indonesia

3 Catatan Menarik warnai Laga Persebaya vs Madura United di Liga 1 2019

Sabtu, 10 Agustus 2019 18:42 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Berita olahraga: Ada tiga catatan menarik yang warnai laga Persebaya Surabaya vs Madura United di Liga 1 2019 pekan ke-13, Sabtu (10/08/19) sore. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Berita olahraga: Ada tiga catatan menarik yang warnai laga Persebaya Surabaya vs Madura United di Liga 1 2019 pekan ke-13, Sabtu (10/08/19) sore.

INDOSPORT.COM - Ada tiga catatan menarik yang warnai laga Persebaya Surabaya vs Madura United di Shopee Liga 1 2019 pekan ke-13, Sabtu (10/08/19) sore.

Pertandingan Persebaya Surabaya vs Madura United berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Laga panas ini kerap dibilang derby Jawa Timur.

Madura United sempat unggu lewat serangan cepat dimana striker Beto Goncalves (11') berhasil menceploskan bola ke gawang yang dikawal Miswar Saputra.

Akan tetapi, menjelang akhir pertandingan babak pertama giliran striker Persebaya Amido Balde (43')yang sukses menyamakan kedudukan.

Pada babak kedua, Madura United kembali mampu unggul kala usai Beto Goncalves berhasil menceploskan bola dari titk penalti pada menit ke-67.

Lalu, Persebaya bisa menyamakan kedudukan kala Irfan Jaya mampu menjadi algojo yang baik dalam menyamakan kedudukan pada menit ke-80 lewat titik putih.

Dengan hasil imbang tersebut tentunya membuat Persebaya dan Madura United harus puas berbagi satu angka pada derby Jawa Timur putaran pertama ini.

Meski demikian, ternyata ada deretan catatan menarik yang luput dari pengetahuan pada penggemar sepak bola nasional. Berikut catatan yang berhasil dihimpun.

1. Kandang Suci

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Foto Suasana Stadion GBT ketika lampu padam. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTSuasana Stadion GBT ketika lampu padam.

Hasil imbang 2-2 ini ternyata membuat kandang Persebaya Surabaya, yakni Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) masih suci sejauh ini di Liga 1 2019.

Suci dalam artian kali ini ialah markas Persebaya belum pernah menderita kekalahan sekalipun hingga pekan ke-13. Total delapan laga, Persebaya mampu dua kali menang dan empat kali imbang.

2. Debut

© OfficialPersebaya
Bek Persebaya Surabaya, Andri Muliadi. Copyright: OfficialPersebayaBek Persebaya Surabaya, Andri Muliadi.

Catatan berikutnya menjelaskan kalau bek Persebaya Surabaya, Andri Muliadi, baru saja menjalani debut perdana di Liga 1 2019, tepatnya di pekan ke-13.

Akan tetapi debut perdana Andri Mauliadi tak berakhir mulus. Lantaran kala melawan Madura United harus berakhir imbang 2-2.

3. Belum Pernah Menang

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Selebrasi Beto Goncalves setelah berhasil mencetak gol ke gawang Persebaya. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTSelebrasi Beto Goncalves setelah berhasil mencetak gol ke gawang Persebaya.

Terakhir, Madura United belum pernah menang bertanding melawan Persebaya di Stadion Gelora Bung Tomo atau kala bermain tandang ke markas Bajol Ijo.

Berdasarkan catatan Soccerway, dalam 12 laga terakhir berjumpa, Madura United tiga kali mendapatkan hasil seri dan empat kali kalah ketika bermain di Stadion GBT, kandang Persebaya.