In-depth

Bintang U-23 Liga 1: Irkham Milla, Layak ke SEA Games 2019

Minggu, 11 Agustus 2019 10:42 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Irkham Zahrul Milla, pemain PSS Slemain ini rasanya pantas bila dinobatkan sebagai bintang U-23 yang paling bersinar di Liga 1 2019 pekan ke-13 lalu.

Ya, Irkham perlahan tapi pasti mampu membuktikan kualitas dirinya di skuat PSS Sleman. Seperti yang ditunjukkannya dalam laga Liga 1 2019 pekan ke-13 kontra Badak Lampung FC, Jumat (09/08/19) kemarin.

Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro menempatkan Irkham sejak menit awal di posisi winger kanan. Pada skema 4-2-3-1, Irkham melengkapi trio lini kedua bersama Brian Ferreira dan Haris Tuharea, untuk memberikan suplai bola ke penyerang, Yevhen Bokhashvili.

Hasilnya pun luar biasa. Peran Irkham yang bermain penuh selama 90 menit, mampu mengantarkan PSS Sleman menang 2-0 atas Badak Lampung FC.

Lebih spesial lagi, kemampuan olah bola Irkham berperan besar atas terciptanya gol kedua PSS. Ia mampu melewati beberapa pemain lawan sekaligus, hingga akhirnya mampu memberikan umpan matang yang kemudian diselesaikan sempurna oleh Bokhasvili menjadi gol.

Berkaca dari penampilannya itu, Irkham terbilang punya kemampuan individu cukup memukau. Ia bisa melaju seorang diri dan membongkar pertahanan lawan. 

Ketika situasinya sudah terdesak, keputusan yang diambilnya pun tepat. Irkham memilih tak egois, lalu melepaskan umpan ke rekannya dan berbuah menjadi gol.

Sebenarnya bukan kali ini saja Irkham tampil memukau bersama PSS Sleman. Tiga penampilan terakhirnya menjadi bukti nyata, Irkham selalu bisa menyumbangkan assist atau gol, dan PSS Sleman tak sekalipun tersentuh kekalahan.

Jumpa Madura United pada 31 Juli 2019, Irkham mampu menceploskan gol pertamanya di Liga 1 2019. Berkat golnya itu, PSS Sleman dibawanya menang 1-0 atas Madura United.

Berlanjut ke laga kontra Borneo FC, Irkham mampu menyumbangkan satu assist dan PSS Sleman meraih hasil imbang 2-2. Hingga akhirnya pada laga melawan Badak Lampung di pekan ke-13, Irkham memperlihatkan skill individu memukaunya serta mencetak satu assists.

Nama Irkham pun sepertinya layak untuk menjadi kandidat kuat pengisi line-up utama skuat Timnas Indonesia U-22 di ajang SEA Games 2019 mendatang. Asal bisa terus konsisten menampilkan performa apik, panggilan tugas negara kepada pemain berusia 21 tahun itu ibarat tinggal menunggu waktu saja.

1