Bola Internasional

Klub Juara Liga Timor Leste ini Diperkuat Pemain Hingga Pelatih Asal Indonesia

Minggu, 11 Agustus 2019 18:56 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Para Suporter Timor Leste saat menyaksikan pertandingan di GBK. Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Para Suporter Timor Leste saat menyaksikan pertandingan di GBK.

INDOSPORT.COM - Bikin takjub, klub juara Liga Timor Leste musim lalu ini diperkuat para pemain hingga pelatih yang berasal dari Indonesia. Siapa sajakah mereka?

Timor Lester sendiri memang sempat membuat heboh jagat sepak bola Tanah Air dalam beberapa pekan lalu, tepatnya dalam gelaran Piala AFF U-15 2015 yang berlangsung di Thailand.

Dalam ajang tersebut, Timnas Timor Leste diduga melakukan aksi curang dengan memainkan pemain diatas usia 15 tahun, namun hingga kompetisi berakhir pihak AFF menyebut jika semua pemain Timor Leste sesuai standar untuk mengikuti kompetisi.

Meski secara prestasi Timnas Timor Leste berada jauh di bawah Indonesia, tak sedikit bintang liga sepak bola Tanah Air mau mengadu nasib dan bermain di kompetisi Liga Futebol Amadora atau kasta teratas Liga Timor Leste.

Salah satunya yang dilakukan tim Assalam FC, di mana jawara Liga Futebol Amadora atau kasta kedua Timor Leste musim lalu tersebut saat ini tengah diperkuat lima orang asal Indonesia dalam skuatnya.

Tak cuma pemain, bahkan pelatih kepala The Green Troops musim ini pun dipegang orang Indonesia. Adalah Pudji Handoko, mantan pelatih Persegres Gresik United tersebut bakal menjadi nahkoda anyar Assalam FC di putaran kedua.

Sementara tiga pemain Indonesia yang memperkuat Assalam FC musim ini adalah penyerang Julian Mancini Malewa, gelandang Saddam Sudarma Hendra, pemain bertahan Riki Nata Permana, serta Helmi Sandi.

Bagi pecinta sepak bola Indonesia mungkin keempat pemain tersebut tak terlalu populer bahkan mungkin tidak ada yang mengenalnya, sebab keempat pemain tersebut lebih banyak berkutat di Liga 2 Indonesia musim lalu.

Kiprah Assalam FC di Liga Timor Leste sendiri terbilang cukup impresif, tercatat dalam pertandingan terakhinya pada Minggu (11/08/19) sore ini, Assalam FC berhasil meraih kemenangan atas Académica dengan skor 1-2.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Assalam FC (@assalamfctl) on

Jejak Indonesia di sepak bola Timor Leste sejatinya telah berlangsung cukup lama, jauh sebelum Assalam FC yang jor-joran mendatangkan bakat Indonesia, dua tim besar yakni Carsae FC dan Karketu Dili sudah lebih dulu melakukannya.

Karketu FC merekrut tiga pemain berlabel Timnas yakni Abdul Rahman, Tibo dan Patrich Wanggai. Sementara Carsae FC sempat mendatangkan tiga bintang Papua diantaranya Boz Solossa, Oktovianus Maniani dan Imanuel Wanggai.