Bola Internasional

Kiper Naturalisasi Vietnam Bisa Tampil Saat Hadapi Timnas Indonesia

Minggu, 11 Agustus 2019 13:20 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© 24h.com.vn
Calon kiper Timnas Vietnam, Filip Nguyen. Copyright: © 24h.com.vn
Calon kiper Timnas Vietnam, Filip Nguyen.

INDOSPORT.COM - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) tengah membangun kekuatan untuk mengarungi Kualifikasi Piala Dunia 2022. Salah satu tindakan yang dilakukan adalah dengan menaturalisasi pemain.

Menurut 24h.com.vn, VFF sedang berupaya untuk menaturalisasi kiper asal Republik Ceko, Filip Nguyen. Namun, proses naturalisasi kiper 26 tahun itu tidak akan selesai dalam waktu dekat.

Alhasil, Filip Nguyen kemungkinan besar belum bisa membela Vietnam saat berhadapan dengan Thailand pada pertandingan perdana Grup G pada 5 September 2019.

Namun, Filip Nguyen diharapkan bisa tampil selepas pertandingan melawan Thailand. Dengan kata lain, Vietnam berpeluang menggunakan kiper naturalisasi itu ketika menghadapi Indonesia pada 15 Oktober 2019.

"VFF saat ini sedang melaksanakan prosedur untuk mendukung kiper Filip Nguyen (Republik Ceko) menjadi warga negara, dengan demikian dapat memainkan tim Vietnam di kualifikasi Piala Dunia 2022," tulis 24h.com.vn.

"Dalam waktu dekat, karena prosedur yang memakan waktu, Filip Nguyen hampir tidak akan hadir dalam pertandingan antara Vietnam dan Thailand pada 5 September. Namun, VFF berharap di pertandingan-pertandingan berikutnya, ia akan bisa dipanggil," lanjutnya.

Filip Nguyen selama ini berkarier di Ceko, dengan membela berbagai tim seperti Sparta Prague, Novy Bydzov, dan Vlasim. Kini, ia bermain untuk klub kasta teratas sepak bola Ceko, Slovan Liberec.

Filip Nguyen tidak akan menjadi satu-satunya pemain di Vietnam yang memiliki darah Eropa. Saat ini, di skuat Golden Star juga memiliki kiper Dang Van Lam yang berdarah Rusia.