Bola Internasional

Klub Liga Jepang Buka Lowongan Beasiswa untuk Wonderkid Sepak Bola Malaysia

Minggu, 11 Agustus 2019 19:07 WIB
Penulis: Martini | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Terobosan baru dilakukan negeri jiran Malaysia dalam upaya pengembangan sepak bola nasional, salah satunya adalah membuka peluang beasiswa pemain muda ke Jepang setelah bekerja sama dengan salah satu klub J2 League, Fagiano Okayama.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari terpilihnya wonderkid Malaysia, Muhammad Hadi Fayyadh menjadi striker anyar Fagiano Okayama yang akan bermain di kompetisi kasta kedua Liga sepak bola Jepang.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman pun mengaku antusias dengan tawaran yang diberikan pihak Jepang, di mana pemain tak hanya mendapatkan pelatihan di klub, namun juga beasiswa bersekolah di SMA Gakugeikan.

“Setelah berkonsultasi dengan manajemen sekolah swasta yang bekerja sama dengan Fagiono Okayama, mereka sepakat untuk memberikan beasiswa kepada pemain di bawah 17 tahun (U-17) dari Malaysia yang berbakat untuk tinggal dan belajar di Jepang,” sebut Syed Saddiq seperti dilansir dari laman Berita Harian, Sabtu (10/08/19) kemarin.

“Mereka akan mampu belajar dan bermain di Jepang. Ini bisa lebih memperkuat hubungan antara Asosiasi Sepak Bola Jepang (JFA) dan Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM),” tambahnya lagi.

Tak sampai di sana, direktur pelaksana Yakult Sdn Bhd, Hiroshi Hamada pun turut mengumumkan jika produk minuman probiotik itu juga siap untuk memberikan dana berupa beasiswa olahraga untuk pesepakbola muda Malaysia.

“Yakult akan membantu para pemain yang memenuhi syarat dengan memberi mereka Beasiswa Yakult sebesar RM100 ribu pertahun untuk tiga pemain guna menutupi biaya pendidikan mereka di sana,” ungkap Hiroshi Hamada.

“Sekolah juga setuju untuk memberikan biaya pendidikan gratis, hanya membayar biaya akomodasi dan RM2000 perbulan. Biaya ini akan ditanggung oleh kami,” pungkasnya.