Liga Indonesia

Teco Bongkar Kunci Kekompakan Bali United

Senin, 12 Agustus 2019 16:25 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT/Nofik Lukman Hakim
Stefano Cugurra Teco mengomentari laga Bali United vs Semen Padang di Liga 1 2019. INDOSPORT/Nofik Lukman Hakim Copyright: © INDOSPORT/Nofik Lukman Hakim
Stefano Cugurra Teco mengomentari laga Bali United vs Semen Padang di Liga 1 2019. INDOSPORT/Nofik Lukman Hakim

INDOSPORT.COM - Strategi pelatih sangat penting untuk menentukan keberhasilan dalam pertandingan, namun,melakukan pendekatan pemain menjadi penentu strategi berjalan. Hal ini sangat disadari pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

Teco sering melakukan pembicaraan personal dengan pemain. Pembicaraan ini bukan sekadar basa-basi lima menit selesai. Sering kali, pembicaraan dilakukan hampir 30 menit di tengah lapangan.

Seperti saat Teco menemui Leonard Tupamahu di Lapangan Samudra, Legian, Kuta, Badung, Minggu (11/08/19) sore. Latihan sudah selesai sekitar pukul 18.15 WITA. Namun setelah itu, Teco dan Leonard berbincang di tengah lapangan sampai pukul 18.45 WITA.

Teco menjelaskan, pembicaraan face to face dilakukannya secara bergantian. Sebelum Leonard, Teco juga sempat berbicara khusus dengan Brwa Nouri. Begitu pula dengan penggawa lain tim Serdadu Tridatu.

"Waktu ada 30 pemain, kita bicara soal apa yang kurang bagus dalam tim. Tapi terkadang, kita perlu bicara per individu. Bisa kasih semangat, koreksi permainan, kasih terma kasih. Semua ini merupakan aspek pelatih agar bisa jalan bagus sama pemain," ucap Teco kepada INDOSPORT usai memimpin latihan.

Sejauh ini, metode Teco cukup berhasil. Saat ada pergantian starting eleven, kualias permainan Bali United tetap terjaga. Begitu pula dengan sektor bek tengah yang ditempati Leonard. Ada kemungkinan, Leonard diandalkan saat Bali United jumpa TIRA Persikabo di Stadion Pakansari Bogor, Kamis (15/08/19).

"Pasti ada peluang (Leonard) main, begitu juga dengan para pemain yang ada di latihan ini. Saat ini, empat pemain bertahan sangat siap. Siapapun yang main bisa bantu tim," jelas Teco.